Luhut: Vaksin Covid-19 Bisa Diproduksi RI Akhir Tahun Ini

    Ilham wibowo - 09 Juli 2020 14:53 WIB
    Luhut: Vaksin Covid-19 Bisa Diproduksi RI Akhir Tahun Ini
    Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Foto : Medcom.
    Jakarta: Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyebut bahwa produksi vaksin covid-19 bisa direalisasikan pada akhir 2020. Saat ini, tahap uji klinis vaksin tersebut masih disempurnakan Pemerintah Indonesia melalui PT Bio Farma (Persero).

    "Produksi vaksin akhir tahun sudah ada," kata Luhut saat menghadiri webinar Bangga Buatan Indonesia, Kamis, 9 Juli 2020.

    Produksi vaksin covid-19 di Bio Farma tersebut, kata Luhut, juga melibatkan Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) yang telah menyatakan  keseriusannya ikut terlibat dalam pengembangan. Luhut pun terus berkomunikasi intensif dengan Putra Mahkota Uni Emirat Arab Mohammad Bin Zayed Al Nahyan dalam kerja sama ini.

    Adapun UEA dinilai lebih maju dalam pengembangan vaksin covid-19 lantaran memiliki Group 42 (G42), perusahaan teknologi UEA. Mereka juga telah bekerja sama dengan perusahaan asal Tiongkok, yaitu China National Biotec Group (CNBG), dalam pengembangan vaksin di bawah supervisi Departemen Kesehatan UEA.

    Implementasi kerja sama Abu Dhabi dan Bio Farma menghadirkan vaksin covid-19 ini pun merupakan terobosan dalam upaya penyelesaian pandemi. Luhut meyakini, industri farmasi di Indonesia punya peluang untuk mengisi pasar ekspor lantaran Bio Farma mampu memproduksi vaksin hingga 250 juta per tahun.

    "Produksi vaksin 250 juta per tahun. Kita juga punya peluang ekspor obat-obatan," ungkapnya.

    Sebelumnya, PT Bio Farma (Persero) sudah menjadwalkan uji klinis vaksin virus korona (covid-19) tahap tiga yang bakal dimulai Juli 2020. Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan proses uji klinis diperkirakan berlangsung selama enam bulan.

    “Rencananya Juli 2020 UK (uji klinis) tahap tiga,” kata Honesti kepada Medcom.id, Rabu, 17 Juni 2020.  



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id