Luncurkan Warung Pangan, Erick Harap Dapat Membuka Lapangan Kerja

    Antara - 16 September 2021 14:14 WIB
    Luncurkan Warung Pangan, Erick Harap Dapat Membuka Lapangan Kerja
    Menteri BUMN Erick Thohir - - Foto: Medcom/ Suci Sedya



    Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meluncurkan aplikasi Warung Pangan milik PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics.

    Dengan adanya Warung Pangan ini, diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta menjadi peluang untuk terciptanya lapangan pekerjaan. Hal ini sesuai dengan komitmen BUMN yang terus mendorong pembukaan lapangan pekerjaan melalui program-program yang dikerjakan oleh perusahaan pelat merah.

     



    "Saya harap BUMN bisa menambah lapangan pekerjaan," kata Erick dalam peluncuran tersebut, Kamis, 16 September 2021.

    Ia mencontohkan PT Pertamina (Persero) melalui program Pertamina Shop (Pertashop) dari target 10 ribu outlet, saat ini telah terbangun 2.420 outlet. Setiap outlet rata-rata bisa mempekerjakan empat pegawai.

    Selain itu, PT Permodalan Madani Nasional (Persero) atau PNM dengan program Mekaar dalam 1,5 tahun terakhir mampu merangkul 5,2 juta nasabah baru, padahal 3-4 tahun terakhir jumlah nasabahnya hanya 3,6 juta. Dengan pertambahan tersebut maka jumlah nasabah Mekaar saat ini sekitar 10,8 juta.

    Ia bilang satu nasabah rata-rata mempekerjakan satu pegawai. Maka program Mekaar ini bisa membantu membuka lapangan pekerjaan bagi 5,2 juta orang dalam 1,5 tahun terakhir dan 10,8 juta secara keseluruhan.

    Peluncuran Warung Pangan ini, lanjutnya, juga sejalan dengan transformasi digital yang digaungkan Kementerian BUMN. Erick bilang pandemi covid-19 memaksa digitalisasi terjadi di era persaingan pasar terbuka. Warung Pangan bisa menjadi ekosistem untuk menyerap hasil produksi petani, peternak dan nelayan di dalam negeri.


    "Saya sudah turun dan lihat di jakarta ada 35 ribu warung, yang sudah terjadi transisi online income sudah mulai besar dibanding income offline," tutur dia.

    Lebih lanjut, Erick juga ingin memastikan agar Warung Pangan dengan jumlah mitranya telah mencapai 47 ribu bisa mendapatkan akses pendanaan dari bank-bank BUMN (Himbara)

    "Saya ingin memastikan bagaimana nanti warung pangan bisa ada akses pendanaan, bisa di-support pendanaannya," jelas dia.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id