PLN Harap Pendanaan Proyek Pembangkit Diesel Lewat PMN

    Suci Sedya Utami - 26 Mei 2021 20:24 WIB
    PLN Harap Pendanaan Proyek Pembangkit Diesel Lewat PMN
    Ilustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) milik PLN - - Foto: MI/ Bagus Suryo



    Jakarta: PT PLN (Persero) mengharapkan alokasi penanaman modal negara (PMN) bisa digunakan untuk membiayai proyek pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).

    Dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI, Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini pun meminta dukungan legislator agar ada relaksasi untuk pembangunan PLTD. Pasalnya, saat ini pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tak lagi mengizinkan pembangunan PLTD baru.

    Ia mengatakan saat ini terdapat 96 lokasi di Kepulauan Maluku yang direncanakan akan dibangun PLTD sebagai upaya untuk melistriki desa. Di lokasi-lokasi tersebut telah tersedia transmisi dan infrastruktur pendukung lainnya.

     



    "28 lokasi awal akan kami listriki dengan PLTD yang dipindahkan dari lokasi lain. Sisanya kami budget-kan untuk laksanakan tahun depan dan mohon dukungan untuk Penyertaan Modal Negara (PMN) bisa digunakan untuk relaksasi PLTD di 3T ini," ujar Zulkifli dikutip dari kanal Youtube Komisi VI, Rabu, 26 Mei 2021.

    Mantan Direktur Utama Bank Mandiri ini mengatakan berdasarkan aturan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), PMN tidak dapat digunakan untuk pengadaan PLTD.

    Selain itu, PLN terus berupaya untuk mendorong desa berlistrik. Berdasarkan kajian dari Kementerian ESDM maka dibutuhkan pendanaan hingga Rp31 triliun untuk dapat menuntaskan program desa berlistrik di seluruh Indonesia.

    "Kalau PMN kita Rp5 triliun dan hanya Rp1 triliun untuk listrik desa dan Rp 4 triliun untuk lain-lain itu butuh 31 tahun untuk (listrik desa) bisa selesai. Mohon dukungan listrik desa kita besarkan sehingga kita bisa listrik dengan cepat," pungkas Zulkifli.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id