PPKM Darurat Buat Kunjungan Mal Berpotensi Anjlok, Meski Sektor Esensial Tetap Buka

    Annisa ayu artanti - 02 Juli 2021 11:21 WIB
    PPKM Darurat Buat Kunjungan Mal Berpotensi Anjlok, Meski Sektor Esensial Tetap Buka
    Ilustrasi. FOTO: MI/SUSANTO



    Jakarta: Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dinilai akan membuat jumlah kunjungan ke mal semakin anjlok, yang tentunya diharapkan berdampak terhadap putusnya penyebaran covid-19. Adapun sebelum diterapkan PPKM darurat jumlah kunjungan di pusat perbelanjaan sudah mulai mengalami penurunan.

    Sebelum 24 Juni 2021, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia DPD DKI Ellen Hidayat mengatakan, trafik di pusat belanja rata-rata mencapai 44 persen. Kemudian, mulai 24 Juni hingga 1 Juli 2021 kian turun sekitar 40 persen dari dari 44 persen, sehingga trafik tersisa sekitar rata-rata 26-28 persen.

     



    "Maka prediksi kami trafik pengunjung (pada PPKM darurat) tentu akan sangat landai," kata Ellen, dalam keterangan resminya yang diterima Medcom.id, Jumat, 2 Juli 2021.

    Ia menjelaskan dalam PPKM Darurat beberapa tenant di pusat belanja tidak ditutup secara penuh. Tenant-tenant esensial seperti supermarket, farmasi, ATM dan F&B masih tetap beroperasi dari 3 Juli 20 Juli 2021 hingga pukul 20.00 WIB dengan kapasitas pengunjung maksimal 50 persen.

    Meski diizinkan beroperasional pada periode PPKM darurat, namun jumlah tenant tersebut hanya sekitar 10 hingga 18 persen dari keseluruhan sehingga sudah dipastikan jumlah pengunjung akan mengalami penurunan signifikan.

    Oleh karena itu, Ellen berharap kasus positif covid-19 segera tertekan signifikan dan kegiatan ekonomi di pusat perbelanjaan usai 20 Juli bisa beroperasi kembali. "Kami mengharapkan bahwa sesudah 20 Juli 2021 maka pusat belanja dapat beroperasional kembali," pungkasnya.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id