comscore

Menteri PUPR Janjikan Tambah Kantong Parkir Cegah Macet di Jalan Tol

Antara - 20 Juni 2022 14:44 WIB
Menteri PUPR Janjikan Tambah Kantong Parkir Cegah Macet di Jalan Tol
Ilustrasi, suasana di Rest Area 207 A Tol Palimanan Kanci.
Jakarta: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya akan meningkatkan jumlah kantong parkir di tempat peristirahatan (rest area) jalan tol guna mencegah kemacetan panjang, terutama saat momentum libur panjang dan perayaan hari raya keagamaan.

"Di tempat istirahat, kita lebarkan, kita bebaskan lahan untuk kantong-kantong parkir yang dipakai khusus untuk hari besar nasional," kata Menteri Basuki dalam rapat dengan Komisi V DPR mengenai evaluasi pelaksanaan infrastruktur dan transportasi mudik Lebaran 2022 di Jakarta, Senin, 20 Juni 2022.
Basuki mengatakan lokasi kantong parkir tersebut akan bersumber dari lahan-lahan sekitar tempat peristirahatan jalan tol, yang akan dijadikan sebagai cadangan ketersediaan lahan atau bank tanah (land bank). Dengan begitu, pemerintah dapat memanfaatkan land bank tersebut untuk dijadikan infrastruktur umum seperti kantong parkir pada hari-hari tertentu guna mencegah kepadatan lalu lintas.

Beberapa lokasi penambahan kantong parkir, kata Basuki, di antaranya adalah Tol Jakarta-Merak. Basuki mengatakan sudah mendapat persetujuan dari pemerintah provinsi Banten terkait lahan yang akan dijadikan kantong parkir.

"Jadi sebelum (Pelabuhan) Merak supaya tidak menumpuk, dari hasil evaluasi kunjungan dari Merak dan Bakauheni. Kemarin kita bertemu Pejabat Gubernur Banten dan sudah disiapkan lahan lima hektar yang dapat dibuat kantong parkir tadi," ujar Basuki.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya meminta penambahan tempat peristirahatan jalan tol. Rest area ini tidak difungsikan setiap hari, namun selalu disiapkan untuk difungsikan sewaktu-waktu guna mengurangi kepadatan jalan tol. "Itu bermanfaat juga untuk pengelola jalan tol," kata Budi.

Sebelumnya, Menhub Budi memaparkan bahwa salah satu evaluasi untuk perbaikan sektor perhubungan dari arus mudik dan balik 2022 di Pelabuhan Merak adalah perlunya rest area untuk menyaring kendaraan menuju pelabuhan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera itu. Kantong kendaraan di rest area ini mencegah kendaraan pemudik masuk area Merak secara bersamaan.

"Kita akan membuat satu kantong rest area sehingga bagi mereka yang akan menuju ke Merak akan difilter di situ. Kalau nanti setelah longgar baru bisa dijalankan. Yang lain kita akan minta jalannya dilebarkan. Jangka panjang bahkan kita minta ada jembatan yang ada di situ," ujar Budi.


(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id