comscore

Pandemi Mengubah Paradigma Pendidikan dan Pekerjaan

Antara - 27 Mei 2022 20:00 WIB
Pandemi Mengubah Paradigma Pendidikan dan Pekerjaan
Teknologi digital. Foto: Medcom.id.
Jakarta: Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) bidang Hubungan Internasional Bernardino Vega menyatakan pandemi covid-19 telah mengubah paradigma terkait pendidikan dan pekerjaan di masa kini dan mendatang.
 
Menurut dia, pembatasan pergerakan masyarakat selama pandemi telah banyak mengubah pola pendidikan dan pekerjaan, seiring dengan meningkatnya penggunaan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari.
 
"Penggunaan teknologi digital selama pandemi akan terus meningkat secara signifikan di masa mendatang. Dunia industri harus memahami bagaimana tren pekerjaan di masa depan akan seperti apa," kata Bernardino dalam diskusi daring, Jumat, 27 Mei 2022.
 
Bernardino mengatakan, teknologi digital telah menciptakan standar baru di dunia industri, sehingga para profesional juga perlu melakukan penyesuaian.
 
Ia menekankan pentingnya agar standar dan kualifikasi dapat dimiliki untuk memenuhi kebutuhan di dunia kerja. Hal ini mutlak dimiliki agar dunia kerja dan industri diisi para profesional yang berkompeten di bidangnya.
 
"Anda perlu menetapkan standar dan tujuan yang tepat melalui bantuan teknologi, tetapi tetap mempertahankan tingkat produktivitas yang tinggi," ujarnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, President Director PT Astra Otoparts Hamdhani D Salim menyampaikan bahwa pandemi covid-19 telah mengubah pola kerja menjadi lebih fleksibel berkat peran teknologi. "Digitalisasi dan Industri 4.0 telah banyak mengubah pasar kerja formal," katanya.
 
Hamdhani mengatakan, melalui Presidensi G20 Indonesia, pemerintah perlu mengambil langkah-langkah untuk memulihkan perekonomian yang terdampak oleh pandemi.
 
Pemerintah diharapkan untuk berkolaborasi dengan negara lain untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru berbasis teknologi digital untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi secara global.
 
Selain itu, dunia industri dan pemerintahan juga perlu bersama-sama belajar membiasakan diri untuk menggunakan mesin berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligent).
 
"Digitalisasi dan Otomasi akan menciptakan peluang-peluang baru. Di saat yang sama, ada banyak jenis pekerjaan yang tergantikan," ujarnya.

(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id