comscore

Sri Mulyani: APBN Bantu Pelaku Usaha Kecil Lewat Pembiayaan UMi

Eko Nordiansyah - 18 Desember 2021 10:13 WIB
Sri Mulyani: APBN Bantu Pelaku Usaha Kecil Lewat Pembiayaan UMi
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: dok KPCPEN.
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan uang yang digunakan untuk pembiayaan dan memberikan manfaat kepada pelaku usaha ultra mikro (UMi) berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Tak hanya pembiayaan, pemerintah juga memberikan pelatihan dan pendampingan untuk mengembangkan usahanya.

Sri Mulyani mengatakan, pemerintah dalam hal ini Badan Layanan Umum (BLU-PIP) melalui program pembiayaan UMi terus mencoba untuk memberikan bantuan pembiayaan kepada para pelaku usaha kecil menengah yang mungkin selama ini belum bisa mendapatkan akses pendanaan dari perbankan.
"Negara menyediakan dana ini karena ada pangsa dari masyarakat kita yang kalau dia punya ide dia tidak bisa langsung pergi ke bank. Maka negara menciptakan Badan Layanan Umum yang mengelola program investasi pemerintah yang tiap tahun ditambahkan anggarannya," kata dia dilansir dari laman resmi Kemenkeu, Sabtu, 18 Desember 2021.

Ia mengungkapkan, APBN hadir untuk membantuk usaha kecil tidak hanya dalam pemberian akses permodalan atau pembiayaan saja, namun dalam situasi pandemi covid saat ini APBN menjadi penopang hampir diseluruh sendi perekonomian. APBN digunakan sebagai instrumen untuk menangani covid dan memulihkan ekonomi melalui Program PEN.

"Ada program penjaminan kredit perbankan supaya perbankan tetap yakin untuk menyalurkan kredit kepada para pengusaha kecil ditengah pandemi. Itu konsep yang namanya gotong-royong. Masyarakat yang tidak mampu dibantu oleh uang APBN. Uangnya darimana? Ya dari pajak yang dikumpul dari mereka yang mampu," ungkapnya.

Lebih lanjut, Sri Mulyani juga medorong BLU PIP agar bisa lebih kreatif dalam mengelola dana pembiyaan yang kini jumlahnya meningkat dari yang tadinya Rp1 triliun menjadi Rp10 triliun saat ini. Dengan dukungan dari pemerintah ini, ia berharap akan semakin banyak pelaku UMKM yang muncul dan bahkan bisa masuk pasar ekspor.

"Hal ini yang saya mintakan dan saya pesankan kepada PIP sehingga kedepan kita akan bisa melihat hasil yang makin baik dan makin banyak usaha-usaha kecil yang bisa dibantu oleh pemerintah dan menghasilkan para pemenang dan para UMKM yang bahkan bisa menembus pasar dunia," pungkas dia.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id