Pertamina Guyur Rp1 Miliar ke Wilayah Bencana

    Suci Sedya Utami - 24 Januari 2021 14:32 WIB
    Pertamina Guyur Rp1 Miliar ke Wilayah Bencana
    PT Pertamina (Persero) melalui program Pertamina Peduli menyalurkan bantuan di tiga provinsi yang saat ini terdampak bencana. Foto: Dok. Pertamina



    Jakarta: PT Pertamina (Persero) melalui program Pertamina Peduli menyalurkan bantuan di tiga provinsi yang saat ini terdampak bencana yakni Kalimantan Selatan, Jawa Barat, dan Sulawesi Barat.

    Hingga saat ini, total bantuan hampir mencapai Rp1 miliar. Dari total bantuan tersebut, sebesar Rp200 juta merupakan donasi dari pekerja Pertamina di unit operasi maupun anak perusahaan.






    Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relation Agus Suprijanto menjelaskan, bantuan yang sudah diserahkan 44 persen berupa bantuan pangan, 30 persen berupa bantuan perlengkapan baik untuk dapur umum, perlengkapan di tempat penampungannya dan lain-lain, 21 persen berupa obat-obatan dan tenaga medis, sisanya dalam bentuk BBM untuk alat berat pencarian korban dan moda transportasi evakuasi korban, perahu karet, hingga life jacket.

    Agus menambahkan, Pertamina melalui unit operasi dan anak usaha bergerak simultan untuk mengamankan distribusi BBM dan LPG serta membantu masyarakat terdampak bencana sesaat setelah terjadinya bencana yang melanda daerah Kalsel, Jabar, dan Sulbar.

    "Pertamina grup bersatu padu menyatukan energi untuk memulihkan wilayah terdampak bencana, berkoordinasi dengan Pemda/BPBD setempat," ujar Agus melalui keterangan resmi, Minggu, 24 Januari 2021.

    Sebagai BUMN energi, Pertamina melalui program Pertamina Peduli tidak hanya menyalurkan bantuan BBM dan LPG untuk masyarakat di lokasi bencana, tetapi juga juga kebutuhan logistik untuk meringankan beban para pengungsi atau korban terdampak bencana.

    "Ini wujud komitmen Pertamina untuk mendukung Pemerintah dalam pemulihan pasca bencana dan membantu korban bencana alam agar segera bangkit pasca bencana,"  jelas Agus.

    Sementara itu Pertamina Refinery Unit (RU) III Plaju juga berhasil menggalang donasi hingga Rp100 juta dalam waktu kurang dari 24 jam yang akan disalurkan ke korban gempa di berbagai wilayah di Indonesia.

    Dana tersebut berasal dari donasi internal perusahaan, di antaranya sumbangan para pekerja, mitra kerja, keluarga maupun organisasi internal seperti Serikat Pekerja (SP), Yayasan Baituzzakah Pertamina (Bazma), Badan Dakwah Islam (BDI) Kilang Plaju.

    Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina RU III Plaju, Siti Rachmi Indahsari mengatakan donasi yang terkumpul tersebut untuk disalurkan ke tiga titik posko lokasi bencana alam, dengan rincian gempa di Mamuju dan Majene Sulawesi Barat sebesar Rp40 juta, banjir di Kalimantan Selatan sebesar Rp35 juta, dan letusan Gunung Semeru di Jawa Timur sebesar Rp25 juta.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id