Sandiaga Uno Proyeksi Ekonomi Kuartal I-2021 Masih Minus 0,5%

    Husen Miftahudin - 19 April 2021 21:35 WIB
    Sandiaga Uno Proyeksi Ekonomi Kuartal I-2021 Masih Minus 0,5%
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id



    Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memproyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2021 masih terkontraksi. Namun demikian, kontraksi ekonomi RI pada tiga bulan pertama 2021 ini masih lebih baik dibandingkan posisi kuartal IV-2020.

    "Pandemi covid-19 ini memang yang paling terasa dampaknya ada di beberapa sektor perekonomian. Kita ada kontraksi tahun lalu sebesar minus 2,19 persen (kuartal IV-2020). Kuartal pertama ini kira-kira kita masih negatif 0,5 persen sampai minus 0,7 persen," ujar Sandiaga dalam Konferensi 500 Ribu Eksportir Baru secara virtual, Senin, 19 April 2021.






    Ramalan eks Wakil Gubernur DKI Jakarta itu searah dengan prediksi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal I-2021 bakal berada di dalam range antara minus satu persen hingga negatif 0,1 persen.

    Demikian halnya dengan proyeksi Bank Indonesia (BI) yang percaya diri bahwa perekonomian Indonesia di kuartal I-2021 akan lebih baik daripada perekonomian di kuartal IV-2020. Artinya, bank sentral memperkirakan ekonomi RI di kuartal I-2021 lebih baik dari minus 2,19 persen.

    Menurut Sandiaga, perbaikan ekonomi dalam negeri tercermin dari data Bank Indonesia yang melaporkan bahwa Purchasing Managers' Index (PMI) manufaktur Indonesia sudah mencapai 55 persen. Dengan data tersebut, maka industri manufaktur dalam negeri berada pada fase ekspansi.

    "PMI kita sudah 55 persen, ini rekor. Ini data, para produsen ini semangat untuk manufaktur, berarti ada demand-nya. Jadi sebelum krisis pandemi ini, belum pernah mencapai 55 persen," ungkap dia.

    Oleh karena itu, Sandiaga berkomitmen untuk terus mendukung seluruh kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan perekonomian, termasuk kegiatan Sekolah Ekspor yang mendorong terciptanya 500 ribu eksportir baru.

    "Saya 1.000 persen mendukung. Saya ingin kita semua di sini bergandengan tangan dan membangkitkan motivasi semangat bahwa di tengah pandemi dan perlambatan ekonomi, kita ambil manfaat sebesar-besarnya untuk membangun era baru pascapandemi ini," tegas Sandiaga.
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id