UU Cipta Kerja Atur Dana Alokasi Khusus UMKM

    Suci Sedya Utami - 08 Oktober 2020 08:29 WIB
    UU Cipta Kerja Atur Dana Alokasi Khusus UMKM
    Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki. FOTO: MI/SUSANTO
    Jakarta: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja memberi ruang bagi Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Harapannya DAK tersebut bisa optimal membuat UMKM tumbuh lebih baik di masa mendatang.

    Peruntukkan tersebut tercantum pada Pasal 95 ayat 1 yang menyatakan pemerintah pusat mengalokasikan DAK untuk mendukung pendanaan bagi pemerintah daerah dalam rangka kegiatan pemberdayaan dan pengembangan UMKM.

    "Pemerintah memberikan dana alokasi khusus untuk pengembangan UMKM," kata Teten, dalam konferensi pers UU Cipta Kerja, di Jakarta, Rabu, 7 Oktober 2020.

    Selain itu, UMKM juga diberikan kemudahan membentuk Perseroan Terbatas (PT) berbadan hukum legal. Hal tersebut tertuang dalam Pasal 91 ayat 2 yang meyatakan pendaftaran bagi UMKM bisa dilakukan secara daring atau luring.

    UMKM hanya perlu melampirkan KTP, surat keterangan berusaha dari pemerintah setingkat rukun tetangga. Nantinya UMKM tersebut akan diberikan nomor induk berusaha melalui perizinan berusaha secara elektronik. Lebih lanjut dukungan untuk UMKM dalam UU Cipta Kerja yakni berupa penanggungan biaya sertifikasi halal oleh pemerintah.

    Dengan kondisi itu, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah memperluas Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) yang bisa dilakukan oleh organisasi masyarakat (ormas) dan perguruan tinggi negeri (PTN).
     
    "Terkait dengan sertifikasi halal, pemerintah menanggung biaya sertifikasi usaha menengah dan kecil dilakukan percepatan dan kepastian dalam proses sertifikasi halal," pungkas Airlangga.

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id