Kinerja Positif di Tengah Pandemi, 96 Perusahaan Raih Top Corporate Award 2020

    Gervin Nathaniel Purba - 09 Oktober 2020 16:22 WIB
    Kinerja Positif di Tengah Pandemi, 96 Perusahaan Raih Top Corporate Award 2020
    Sebanyak 96 perusahaan terbuka yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) meraih penghargaan Top Corporate Award 2020 (Foto:Dok)
    Jakarta: Sebanyak 96 perusahaan terbuka yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) meraih penghargaan Top Corporate Award 2020. Perusahaan tersebut dinilai berhasil memiliki kinerja positif pada situasi pandemi covid-19.

    Dari 96 perusahaan yang meraih penghargaan tersebut di antaranya PT Bank Mayapada Internasional Tbk, PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, PT MNC Studios International Tbk, PT Darya-Varia Laboratoria Tbk, PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk, PT Duta Pertiwi Tbk, Tunas Ridean Tbk, dan PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk.

    Top Corporate Award 2020 merupakan penghargaan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan top di Indonesia karena berhasil membangun perusahaan dan memiliki kinerja positif.

    Hasil penilaian merujuk pada hasil survei terhadap lebih dari 700 perusahaan publik (emiten) yang dilakukan oleh INFOBRAND.ID bekerja sama dengan TRAS N CO Indonesia.  

    Penilaian mengacu pada tiga aspek, yaitu business revenue aspect, nett profit aspect, dan digital corporate brand awareness aspect.

    CEO TRAS N CO Indonesia Tri Raharjo menjelaskan penghargaan Top Corporate Award 2020 merupakan bentuk dukungan dari TRAS N CO Indonesia dan INFOBRAND.ID kepada berbagai perusahaan emiten di Indonesia. Penghargaan ini dapat memicu peningkatan kinerja perusahaan, sehingga mampu bersaing di peta persaingan bisnis di Indonesia.

    "Secara khusus, Top Corporate Award 2020 memberikan apresiasi dan pengakuan terhadap emiten di Indonesia yang telah terbukti berhasil melewati situasi sulit selama pandemi covid-19, dengan mempertahankan kinerja positif dari sisi corporate brand awareness, pendapatan, dan laba bersih selama semester I-2020," ujar Tri Raharjo, dikutip keterangan tertulis, Jumat, 9 Oktober 2020.

    Menurut Tri Raharjo, apresiasi Top Corporate Award 2020 menjadi bukti keberhasilan perusahaan publik dalam mempertahankan kinerja positif selama masa pandemi covid-19, sehingga diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan terbuka, serta memicu emiten lain agar bekerja lebih baik lagi.

    Penghargaan juga diharapkan menjadi pemicu kepercayaan stakeholder, shareholder, dan trader terhadap emiten peraih penghargaan.

    “Kami juga berharap Top Corporate Award 2020 akan memberikan iklim bisnis positif pada masa pandemi bagi perusahaan-perusahaan publik di Indonesia,” kata Tri Raharjo.

    Top Corporate Award 2020 diberikan kepada perusahaan terbuka yang telah berhasil lolos penilaian survei dan telah memenuhi tiga kriteria penilaian akhir, yaitu perolehan minimal pendapatan perusahaan terbuka tersurvei pada 2019 di atas Rp1 triliun, perusahaan publik tersurvei yang memiliki profit perusahaan di atas Rp100 miliar sepanjang tahun 2019, dan perusahaan publik tersurvei yang berhasil memeroleh profit positif untuk laporan keuangan semester 1 tahun 2020.

    Survei dilakukan pada periode semester I-2020 dengan metodologi desk research. Pertama, digital corporate brand awareness aspect, mengukur tingkat popularitas corporate brand awareness perusahaan terbuka tersurvei di internet dengan menggunakan internet based survey dengan bobot penilaian 20 persen.

    Kedua, revenue dan revenue growth aspect untuk mengukur tingkat pendapatan periode satu tahun dari perusahaan terbuka tersurvei pada 2019, dan pertumbuhan pendapatan jika dibandingkan perolehan pendapatan pada 2018 dengan bobot penilaian 40 persen. 
    Pertumbuhan perolehan pendapatan tersebut berdasarkan laporan keuangan tahunan 2018 dan 2019 yang telah terpublikasi secara resmi.

    Ketiga, nett profit & nett profit growth aspect yang mengukur laba bersih perusahaan terbuka tersurvei periode satu tahun pada 2019, dan pertumbuhan laba jika dibandingkan dengan perolehan laba perusahaan pada 2018 dengan bobot penilaian 40 persen. 

    Pertumbuhan perolehan nett profit tersebut berdasarkan laporan keuangan tahunan, yaitu 2018 dan 2019 yang telah terpublikasi secara resmi.
    (ROS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id