comscore

MPMX Bagi Dividen Rp800 Miliar

Eko Nordiansyah - 19 Mei 2022 21:00 WIB
MPMX Bagi Dividen Rp800 Miliar
Ilustrasi. Foto: dok MI/Ramdani.
Jakarta: PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) menyetujui pembagian dividen final tunai tahun buku 2021 kepada para Pemegang Saham sebesar Rp180 per saham atau total Rp800 miliar. Dividen yang dibagikan ini setara dengan dividend yield 14 persen.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) serta Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), pemegang saham menyetujui Laporan Tahunan Direksi serta pengesahan Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku 31 Desember 2021.
Perseroan mencatat Laba Bersih Setelah Pajak (NPAT) sebesar Rp412 miliar pada tahun lalu atau mengalami kenaikan sebesar 208 persen dibandingkan Rp134 miliar pada 2020. Kas MPMX tercatat mencapai Rp1,84 triliun per 31 Desember 2021.

Group Chief Executive Officer MPMX Suwito Mawarwati mengatakan, pertumbuhan positif di tahun 2021 didukung kinerja yang baik dari seluruh entitas anak. Seluruh segmen menunjukkan ketahanannya selama masa pandemi dengan kenaikan laba bersih.

"Ini juga menunjukkan fokus dan strategi yang diimplementasikan sudah sesuai dengan tujuan kami dalam menjaga kinerja operasional yang solid," kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis, 19 Mei 2022.

Kemampuan perseroan untuk membayarkan dividen dapat juga dilihat dari pendapatan dan posisi kas Perseroan hingga akhir kuartal I-2022. Meskipun pendapatan bersih MPMX di kuartal I-2022 sedikit menurun tiga persen (yoy) menjadi Rp3,1 triliun.

Secara keseluruhan, laba bersih MPMX di kuartal I-2022 tercatat tetap baik didorong oleh peningkatan laba bersih bisnis inti sebesar 17 persen (yoy), biaya operasional yang terkendali, dan peningkatan bagian laba Entitas Asosiasi JACCS MPM Finance Indonesia sebesar delapan persen.
 
Dari sisi posisi keuangan, perseroan berhasil mempertahankan neraca yang sehat dengan kas dan setara kas yang kuat sebesar Rp2.197 miliar, meningkat 19 persen dibandingkan dengan posisi akhir per 31 Desember 2021.

Meskipun tantangan dari masa pandemi masih terasa hingga kuartal pertama tahun ini, namun Suwito optimis perseroan mampu menjaga fundamental bisnis untuk tetap kokoh dan berhasil mempertahankan laju pertumbuhan dari kuartal sebelumnya.

"Hasil keputusan dalam rapat hari ini juga merupakan komitmen kami dalam memberikan nilai bagi para pemegang saham. Posisi keuangan dan kas yang kuat mendukung kami dalam memberikan dividen ini, dan secara bersamaan tetap menjaga fleksibilitas keuangan dan operasional untuk melanjutkan bisnis," pungkas dia.


(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id