comscore

Airlangga Bertemu Bil Gates, Bahas Vaksin mRNA hingga Inklusi Keuangan

Ade Hapsari Lestarini - 04 November 2021 12:02 WIB
Airlangga Bertemu Bil Gates, Bahas Vaksin mRNA hingga Inklusi Keuangan
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menggelar pertemuan dengan pemilik Microsoft Bill Gates dan Presiden Bill & Melinda Gates Foundation. Foto: dok Kemenko Perekonomian.
Glasgow: Menko Perekonomian Airlangga Hartarto didampingi Menteri BUMN Erick Tohir, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani menggelar pertemuan dengan pemilik Microsoft Bill Gates dan Presiden Bill & Melinda Gates Foundation.

Pertemuan yang berlangsung di sela agenda COP26, di Scottish Event Campus, Glasgow, Skotlandia pada, Senin, 1 November 2021 ini membahas sejumlah potensi kerja sama antara Indonesia dengan Bill & Melinda Gates Foundation dalam sejumlah hal.
Di antaranya, produksi bersama (co-production) vaksin mRNA, taksonomi pisang yang sangat beragam di Indonesia bekerja sama dengan LIPI, serta pembahasan terkait inklusi keuangan (financial inclusion).

Sebelumnya Menko Airlangga juga mendampingi Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden, di sela pelaksanaan Konferensi. Airlangga menyampaikan pertemuan dua pucuk pimpinan Indonesia-AS ini membahas sejumlah hal antara lain soal geopolitik Indo-Pasifik.

Baca: Bertemu Bill Gates, Erick Bahas Pengembangan Vaksin mRNA

"Pembicaraan terkait geopolitik Indo-Pasifik, Keketuaan Indonesia di G20, serta hubungan bilateral Indonesia-AS," ujar Airlangga, dalam keterangan resminya, Kamis, 4 November 2021.

Airlangga mengatakan, pada kesempatan tersebut Presiden Jokowi menyampaikan kepada Presiden AS Joe Biden bahwa Indonesia dan AS memiliki relasi kemitraan strategis serta kerja sama sosial ekonomi yang kokoh.

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia mengajak AS untuk melakukan investasi pada energi baru dan terbarukan, termasuk pengembangan ekosistem mobil listrik dan baterai litium.

Presiden AS Joe Biden dan Jokowi juga melakukan tukar pikiran terkait isu penguatan demokrasi dan situasi global. Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam itu, kata Airlangga, Joe Biden juga menyampaikan dukungan untuk Indonesia sebagai Presidensi G20 2022.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id