comscore

Seberapa Besar Pengaruh UMKM ke Ekonomi Indonesia?

Ade Hapsari Lestarini - 09 September 2021 16:48 WIB
Seberapa Besar Pengaruh UMKM ke Ekonomi Indonesia?
Ilustrasi pelaku usaha mikro. Foto: dok MI/Andri Widiyanto.
Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mengakui adanya pandemi covid-19 telah memengaruhi perekonomian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sejak 2020.

Menurut Sekretaris Kemenkop UKM (Seskemenkop UKM) Arif R Hakim, hal ini turut memberikan dampak dalam penurunan pertumbuhan perekonomian Indonesia pada 2020.
Lalu, seberapa besar pengaruh UMKM ke perekonomian Indonesia?

Dia mengatakan, usaha mikro merupakan populasi usaha terbesar di Indonesia yang proporsinya mencapai 99,62 persen dari total 64.166.606 usaha yang ada di Indonesia.

"Kontribusi UMKM kepada Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 60,5 persen, UMKM tidak diragukan lagi memiliki kekuatan yang cukup besar dalam memengaruhi perekonomian Indonesia," jelas dia, dikutip dalam laman resmi Kemenkop UKM, Kamis, 9 September 2021.

Arif memaparkan, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD), beberapa negara berkembang menerapkan berbagai program untuk meminimalisir dampak covid-19 di negaranya. Hal ini di antaranya berupa pemberian subsidi upah, penangguhan pajak penghasilan, usaha pinjaman langsung terhadap UMKM, dan inovasi.

"Pemerintah Indonesia sendiri telah meluncurkan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sejak Juni 2020 untuk menangani krisis ekonomi akibat pandemi ini," tambah Arif.

Menurut dia, usaha mikro sebagai salah satu pilar perekonomian di Indonesia tidak luput dari sasaran pemberian program. Melalui Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) yang diberikan sejak 2020 dan dilanjutkan pada 2021, Pemerintah berharap usaha mikro dapat tetap bertahan menghadapi krisis ini.

"Tentunya, dengan koordinasi yang baik dengan pemerintah daerah, harapannya program ini dapat dengan baik dan tepat sasaran memenuhi tujuannya," pungkasnya.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id