comscore

Alasan Bos AirAsia Group Ambil Alih Operasional Gojek di Thailand

Eko Nordiansyah - 09 Juli 2021 11:15 WIB
Alasan Bos AirAsia Group Ambil Alih Operasional Gojek di Thailand
CEO AirAsia Group Tony Fernandes. FOTO: AFP
Jakarta: AirAsia Group melalui anak usahanya Airasia Digital telah mengumumkan untuk mengambil alih operasional Gojek di Thailand. Bos Airasia Group Tony Fernandes menilai Gojek merupakan perusahaan teknologi paling bernilai di Asia Tenggara yang sudah lama diincarnya.

"Ini merupakan dukungan dari salah satu perusahaan teknologi terpintar di Asia Tenggara. Ungkapan kepercayaan dari orang dalam lebih baik daripada yang analis katakan di laporannya," kata Tony, dalam keterangan resminya, Jumat, 9 Juli 2021.
Tony mengatakan Gojek benar-benar menjadi super apps di ASEAN. Oleh karena itu, ia merasa harus banyak belajar dari perusahaan tersebut. Menurutnya, kecepatan pertumbuhan bisnis AirAsia Digital akan diakselerasi melalui kerja sama dengan Gojek.

"Akuisisi ini bukan hanya tentang Thailand, ini tentang mempelajari bagaimana Gojek membangun operasi mereka di Thailand, yang dibangun berdasarkan operasional yang sukses di Indonesia dan Singapura. Bagi saya, mereka telah melakukannya dan saya mencoba untuk meniru mereka. Mereka sudah berada di garis depan," imbuh Tony.

Tony berkisah, ketika membangun maskapai AirAsia, ia mencontoh kesuksesan yang dibangun oleh maskapai berbiaya rendah Southwest. Inspirasi itulah yang kemudian menjadikan AirAsia mencontoh model mereka bersama dengan Ryan Air dan Easyjet.

Chief Executive Officer (CEO) Gojek Kevin Aluwi mengatakan kesepakatan Gojek dengan AirAsia Group merupakan bukti pencapaian tim Gojek di Thailand, yang telah mengembangkan bisnis dari nol hingga menjadi penyedia layanan di Thailand.

Kevin menambahkan, bisnis ini berhasil dibangun berkat talenta dan semangat yang luar biasa. Setelah kemitraan ini seluruh karyawan Gojek  di Thailand akan terus bekerja sama dengan AirAsia di masa transisi.

"Kami bangga dan sangat berterima kasih atas semua pencapaian Gojek Thailand, serta kepada seluruh pelanggan, mitra driver, dan mitra merchant yang selalu setia. Mereka yang selalu menjadi fokus dari apa yang kami lakukan," ujar Kevin.

Bersamaan dengan kolaborasi tersebut, Gojek juga mengumumkan untuk meningkatkan investasi strategisnya di Singapura dan Vietnam. Kedua pasar ini akan menjadi sentra pertumbuhan yang kuat untuk bisnis Gojek ke depan.

"Kesepakatan ini memungkinkan kami untuk memperkuat fokus dan investasi kami di pasar internasional, yaitu Vietnam dan Singapura. Kedua pasar tersebut memberi pengembalian investasi secara optimal dengan peluang pertumbuhan strategis terbaik," jelasnya.

Sementara itu, Asia Aviation Executive Director Tassapon Bijleveld mengatakan, brand AirAsia sudah sangat kuat di Thailand dan pihaknya sangat bersemangat dengan kerja sama ini. Langkah ini diharapkan akan mendukung peluncuran super app di Thailand dan memperkuat ekosistem Gojek, termasuk karyawan, mitra driver, dan merchant.

"Ini tidak hanya akan mendukung UMKM dan pemasok bahan segar lokal, tetapi juga akan menciptakan kesempatan bagi para petugas logistik untuk mendapatkan tambahan pendapatan di pasar-pasar yang baru yang segera akan kami luncurkan," pungkas dia.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id