Sri Mulyani Minta Urus Izin Ekspor Tak Harus ke Jakarta

    Eko Nordiansyah - 05 Maret 2020 20:00 WIB
    Sri Mulyani Minta Urus Izin Ekspor Tak Harus ke Jakarta
    Ilustrasi kegiatan ekspor. Foto: Dok.MI
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk mempermudah perizinan ekspor. Menurutnya dengan memanfaatkan teknologi, para eksportir tidak harus mengurus perizinan ke Jakarta.

    Dirinya menceritakan, para eksportir ikan dari Natuna harus mengurus izin ekspor ke Jakarta padahal letaknya yang ada di wilayah paling utara Indonesia dan lebih dekat ke negara tujuan ekspornya. Hal ini dinilai sebagai ironi.

    "Jangan sampai nangkap ikan di Natuna, masukkan ke kapal siap berangkat, surat harus ke Jakarta. It doesn't make sense,"kata dia dalam Rakernas Kemendag di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis, 5 Maret 2020.

    Sri Mulyani menyebut pihaknya melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) telah berupaya mempermudah perizinan untuk ekspor. Namun, jika masalah perizinan yang menjadi kewenangan Kemendag tak juga diperbaiki maka tidak akan berdampak signifikan.

    "Tapi ada aturan dari ruangan ini. Jadi tolong teman-teman Kemendag juga lihat kalau ada yang harus pergi ke Ridwan Rais (Kantor Kemendag), masa dari Natuna ke sana. Kalau hanya minta surat kan bisa Whatsapp, internet, pakai program langsung auto approve," jelas dia.

    Meski begitu, dirinya menyebut Kemendag juga bisa mengawasi apa yang dilakukan oleh pihak DJBC, untuk memastikan apakah aturan yang ada dijalankan dengan benar. Sri Mulyani berharap sinergi dari berbagai pihak ini bisa membantu menyelesaikan masalah perekonomian yang selama ini dihadapi.

    "Itu kalau kita sebagai birokrat genuinely ingin selesaikan masalah ekonomi. Yuk sama-sama bersaing dengan DJBC untuk saling efisien dan saling melaporkan demi kebaikan bersama," pungkasnya.  




    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id