Bos Garuda Keberatan Tes PCR Lebih Mahal dari Harga Tiket Pesawat

    Antara - 02 Juni 2020 22:40 WIB
    Bos Garuda Keberatan Tes PCR Lebih Mahal dari Harga Tiket Pesawat
    Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk Irfan Setiaputra - - Foto: Antara/ Sigid Kurniawan
    Jakarta: Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk Irfan Setiaputra mengeluhkan biaya tes Polymerase Chain Reaction (PCR) lebih mahal ketimbang harga tiket pesawat. Hasil tes tersebut hanya bisa dipakai satu kali perjalanan dalam sepekan.

    “PCR test yang Rp2,5 juta dan beberapa sudah menurunkan harganya, itu lebih mahal daripada biaya bepergian khususnya lokasi yang berdekatan, seperti Jakarta-Surabaya. Kalau bepergian tujuh hari ya berarti harus PCR dua kali dan bianya harus Rp5 juta sementara perjalanan bolak balik hanya Rp1,5 juta,” katanya dikutip dari Antara, Jakarta, Selasa, 2 Juni 2020.

    Irfan menjelaskan salah satu syarat kelengkapan dokumen izin terbang mesti memiliki surat keterangan bebas covid-19. Surat tersebut dibuktikan dengan hasil tes PCR bagi calon penumpang.

    Untuk itu, Irfan meminta pemerintah mengkaji kembali harga tiket pesawat agar masyarakat tidak terbebani dengan mahalnya biaya tes PCR. Selain itu, pihaknya juga wajib menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak antara penumpang dalam susunan tempat duduk, yakni mengurangi 50 persen dari total kapasitas penumpang.

    “Kalau physical distancing ini dipastikan dilakukan tentu kita harus review harga dari penerbangan tersebut,” ungkap dia.

    Irfan menambahkan proses pra-penerbangan juga semakin rumit dengan adanya pemeriksaan dokumen dan kesehatan. Masyarakat yang kerap kali sering melakukan penerbangan pun masih menunggu (wait and see) keadaan untuk kembali pulih.

    “Artinya, ke depan industri ini akan menghadapi penurunan drastis penumpang. Adalah kepentingan bersama, bersama regulator untuk memastikan ini butuh waktu. Kami mendapatkan konsesus, industri ini bisa recovery sebelum covid-19 dalam masa dua sampai tiga tahun,” pungkas dia.


    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id