2 Jenis UMKM yang Bertahan di Tengah Pandemi

    Media Indonesia - 27 Juni 2020 13:54 WIB
    2 Jenis UMKM yang Bertahan di Tengah Pandemi
    Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki - - Foto: Medcom/ Hendrik
    Jakarta: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut ada dua macam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang mampu bertahan di tengah pandemi covid-19. UMKM tersebut terhubung ke e-commerce dan melakukan inovasi produk.

    "Kami mencatat ada juga yang bertahan bahkan tumbuh pada masa pandemi covid-19, yaitu satu, UMKM yang sudah terhubung dengan ekosistem digital, UMKM yang sudah terhubung dengan e-commerce," ujar Teten dalam Webinar IKANAS STAN, Sabtu, 27 Juni 2020.

    Teten menjelaskan penjualan UMKM di e-commerce meningkat 18 persen pada Mei 2020. Namun baru sekitar 13 persen UMKM yang masuk e-commerce dan 87 persen lainnya bersifat konvensional.


    "Sayangnya yang sudah terhubung ke market place baru 13 persen atau sekitar delapan juta lebih, 87 persen masih offline. Karena itu mungkin pada fase development dari penyelesaian wabah ini kita harus mempercepat transformasi digitalisasi UMKM dan koperasi," sambung dia.

    Adapun UMKM yang mampu melakukan adaptasi dan inovasi produk misalnya banting setir ke konveksi atau produksi masker kain serta Alat Pelindung Diri (APB) atau baju hazmat.

    "Juga banyak inovasi produk misalnya food processing makanan siap saji itu juga tumbuh baik dan kita mencatat penjualan yang meningkat adalah bahan pokok makanan minuman dan kebutuhan pribadi yang berkaitan dengan kesehatan dan kebutuhan rumah," pungkas Teten.




    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id