Lebaran, Tol Serang Panimbang Seksi I Siap Beroperasi Secara Fungsional

    Annisa ayu artanti - 15 April 2021 07:52 WIB
    Lebaran, Tol Serang Panimbang Seksi I Siap Beroperasi Secara Fungsional
    Ilustrasi. FOTO: Medcom.id



    Jakarta: PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) menargetkan fungsional Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi I yaitu Serang-Rangkas Bitung dapat dilakukan pada Lebaran tahun ini. Adapun Jalan tol Serang-Rangkas Bitung tersebut belum beroperasi secara penuh lantaran masih ada pekerjaan yang diselesaikan hingga Mei.

    "Seksi I dari Serang sampai dengan Rangkas Bitung akan mulai fungsional pada Lebaran di tahun ini. Belum operasional karena masih terdapat beberapa pekerjaan minor yang akan diselesaikan sampai Mei," kata Direktur Utama Wijaya Karya Agung Budi Waskito dalam webinar, Rabu, 14 April 2021.

     



    Kendati demikian, Agung memastikan, pengerjaan minor jalan Tol Serang-Panimbang seksi I tersebut akan dikebut. Ia menargetkan pengoperasian secara penuh bisa dilakukan bulan Juni mendatang. "Sementara untuk seksi II dan III baru dimulai konstruksinya, kurang lebih akan selesai dan operasional dua tahun lagi," jelasnya.

    Seperti diketahui, jalan tol Serang-Panimbang memiliki panjang 83,67 km yang terbagi menjadi 3 Seksi, yakni Seksi 1 Ruas Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 km, kemudian Seksi 2 Ruas Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24,17 km, dan Seksi 3 Ruas Cileles-Panimbang sepanjang 33 km.

    Pembangunannya dikerjakan dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi sebesar Rp5,33 triliun terdiri dari Seksi 1-2, porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) oleh PT Wijaya Karya Serang Panimbang dan Seksi 3 porsi Pemerintah.

    Kehadiran tol ini akan menjadi akses pendukung menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung dan kawasan wisata Taman Nasional Ujung Kulon serta memberikan kemudahan dan efisiensi waktu perjalanan karena akan tersambung dengan tol Jakarta-Merak.
     
    Perjalanan dari Jakarta menuju Tanjung Lesung yang sebelumnya ditempuh waktu sekitar 4-5 jam, nantinya hanya menjadi sekitar 2-3 jam dengan kecepatan rata-rata 80 km per jam.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id