UMKM Harus Mengubah Pola Bisnis di Tengah Pandemi

    Medcom - 05 November 2020 18:00 WIB
    UMKM Harus Mengubah Pola Bisnis di Tengah Pandemi
    PT PII dan Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) menyelenggarakan pelatihan dan workshop UMKM
    Jakarta: Pelaku Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) dinilai harus mampu mengelola media bisnis digital. Hal itu penting agar bisa bertahan dalam persaingan di tengah pandemi covid-19
     
    UMKM merupakan salah satu penggerak ekonomi masyarakat di sektor riil terutama di era new normal. Sekarang kita harus mengubah pola, karena mengharuskan dilakukannya social distancing. Harus beradaptasi dengan teknologi, melangkah ke model bisnis baru berbasis digital agar bisa bertahan dalam persaingan,” kata Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII) Muhammad Wahid Sutopo, Kamis, 5 November 2020
     
    Menurut Sutopo perlu pelatihan dan workshop agar pelaku UMKM menyadari dan memahami tentang perubahan yang terjadi dalam model bisnis. “Perlu para ahli di bidangnya untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan pelaku UMKM menghadapi era bisnis model baru,” ujarnya.
     
    Sutopo mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) untuk  menyelenggarakan pelatihan UMKM.
     
    “Alhamdulillah ada 117 pelaku UMKM di lingkungan Kelurahan Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan yang bergabung,” katanya.
     
    Sutopo mengatakan ada empat kegiatan, yaitu pelatihan dan workshop management UMKM, Media Bisnis Digital, Kemitraan UMKM dan brand existing melalui pola banch marking, dan Pembinaan serta pendampingan berkelanjutan.
     
    “Ini diikuti pelaku UMKM dari berbagai jenis usaha, makanan, minuman, laundry, kurir, pedagang kelontong, pemuda usia produktif yang belum bekerja,” kata Sutopo.
     
    Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Prasetya Yoga Santoso mengatakan di masa pandemi saat ini, dampak langsung yang dirasakan oleh masyarakat cukup berat. Melambatnya roda ekonomi, menurunnya daya beli, hingga meningkatnya angka pengangguran di Indonesia.
     
    “Situasi ini mengubah perilaku masyarakat, bisnis model pun berubah. Di satu sisi Pemerintah berharap UMKM dapat mengambil peran dalam menggerakan ekonomi sektor riil di tengah pandemi, sementara di sisi lain, belum banyak UMKM yang menyadari dan memahami tentang perubahan yang terjadi dalam model bisnis,” ujarnya.
     
    PT PII dan Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) berharap kegiatan ini mampu meningkatkan kesadaran pelaku UMKM terhadap media bisnis digital, di samping untuk dapat memberikan kemampuan kepada pelaku UMKM dalam pengelolaan media bisnis digital, sehingga membuka peluang bisnis baru bagi pelaku UMKM dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat usia produktif.

    (FZN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id