PPKM Mikro Diperpanjang, Diperluas ke 3 Provinsi

    Eko Nordiansyah - 08 Maret 2021 16:57 WIB
    PPKM Mikro Diperpanjang, Diperluas ke 3 Provinsi
    Ilustrasi. Foto: Dok.MI



    Jakarta: Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang kebijakan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro mulai 9 Maret hingga 22 Maret 2021. Selain tujuh provinsi di Jawa Bali, penerapan PPKM mikro diperluas ke Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Sumatra Utara.

    "Kebijakan-kebijakan dalam perpanjangan dan perluasan PPKM mikro ini dilanjutkan untuk dua minggu ke depan, yaitu 9 Maret sampai 22 Maret dan dilakukan perluasan di tiga provinsi," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam video conference di Jakarta, Senin, 8 Maret 2021.






    Ia menjelaskan, parameter penetapan daerah yang menerapkan PPKM mikro masih sama, yaitu memenuhi salah satu dari empat parameter tingkat kasus aktif, tingkat kesembuhan, tingkat kematian, serta tingkat keterisian rumah sakit (BOR).

    Selain itu, kriteria zonasi risiko di tingkat RT dan skenario pengendalian juga masih sama, yaitu terbagi atas Zona Merah, Oranye, Kuning, dan Hijau dengan mendasarkan pada jumlah rumah di satu RT yang memiliki kasus konfirmasi positif selama tujuh hari terakhir.

    "Kebijakan pembatasan kegiatan dalam rangka pelaksanaan PPKM mikro tetap sama, kecuali untuk fasilitas umum yang mulai diizinkan untuk dibuka dengan kapasitas maksimal 50 persen dengan peraturan oleh daerah Perkada ataupun Perda," ungkapnya.

    Selanjutnya, pemerintah juga menerapkan kebijakan larangan bepergian ke luar daerah bagi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, BUMN/BUMD terkait dengan masa liburan Isra Miraj dan Hari Raya Nyepi yang mulai berlaku pada 10-14 Maret 2021.

    "Untuk swasta juga ada imbauan untuk pegawai perusahaan untuk tidak juga melakukan kegiatan ke luar daerah," pungkas dia.
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id