PLN Pasok Listrik 44.320 kV untuk Operasional KRL Yogya-Solo

    Suci Sedya Utami - 18 Februari 2021 14:09 WIB
    PLN Pasok Listrik 44.320 kV untuk Operasional KRL Yogya-Solo
    Ilustrasi KRL Yogya-Solo - - Foto: dok KAI



    Jakarta: PT PLN (Persero) memenuhi kebutuhan listrik untuk operasional Kereta Rel Listrik (KRL) Yogya-Solo. Pemenuhan ini merupakan komitmen PLN dalam mendukung penggunaan energi yang ramah lingkungan bagi fasilitas umum.

    Beroperasinya KRL Yogya-Solo berbasis energi listrik ini akan menggantikan operasional kereta api terdahulu yaitu Prambanan Ekspres atau Prameks.




    “Ini merupakan komitmen PLN untuk terus mendukung penggunaan energi bersih. Dengan peralihan dari diesel ke energi listrik, diharapkan dapat mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil serta membantu menciptakan lingkungan yang lebih green,” tutur Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN, Agung Murdifi dalam keterangan resmi, Kamis, 8 Februari 2021.

    PLN melayani listrik untuk operasional KRL Yogya-Solo dengan daya 44.320 kiloVolt Ampere (kVA). Kebutuhan listrik tersebut digunakan untuk kebutuhan listrik traksi KRL Yogya-Solo yang melintasi Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Maguwo, Brambanan, Srowot, Klaten, Ceper, Delanggu, Gawok, Purwosari, dan Solo Balapan dengan jarak kurang lebih 60 kilometer.

    KRL Yogya-Solo memiliki 20 perjalanan KRL yang setiap harinya beroperasi di lintas Yogyakarta-Solo PP. Waktu tempuh perjalanan KRL ini rata-rata sekitar 68 menit, ini lebih cepat waktunya dibandingkan perjalanan KA Prameks dengan waktu tempuh rata-rata selama 75 menit dengan pemberhentian di tujuh stasiun

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id