Pengendalian Kasus Covid-19 Tips Keluar dari Jurang Resesi

    Whisnu Mardiansyah - 01 Desember 2020 20:32 WIB
    Pengendalian Kasus Covid-19 Tips Keluar dari Jurang Resesi
    Ilustrasi. Foto: AFP
    Jakarta: Pandemi covid-19 membuat ekonomi Indonesia terjatuh pada lubang resesi. Pada kuartal III-2020 ekonomi Indonesia minus 3,49 persen, melanjutkan laju ekonomi di kuartal II-2020 yang tercatat minus 5,32 persen.

    Mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sandiaga Uno mengatakan Indonesia tak bisa lepas dari jurang resesi apabila covid-19 tidak bisa dikendalikan. Sementara itu, kasus covid-19 terus meningkat.

    "Kita harus memastikan kurvanya datar. Kita juga harus melihat data ilmiah dan menempatkan penanganan covid-19 sebagai prioritas," kata Sandiaga di Jakarta, Selasa, 1 Desember 2020.

    Menurut dia, pemerintah harus fokus pada investasi yang menciptakan lapangan pekerjaan berkelanjutan. Melalui Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, pemerintah juga diminta memperhatikan aspek lingkungan.

    Sandiaga mengingatkan UU tersebut jangan sampai membuat kesenjangan sosial semakin melebar. "UU Cipta Kerja ini dibuat untuk menarik investasi. Tapi investasi macam apa?" ujar dia.

    Sandiaga mengatakan pemerintah jangan hanya mengandalkan UU Ciptaker untuk mengatasi masalah ekonomi di tengah pandemi. Indonesia juga butuh keseriusan penanganan kesehatan, terutama masalah covid-19.

    "Semoga dengan kedua cara yang bekerja berdampingan, kita bisa keluar dari pandemi dan resesi dunia," kata dia.

    Baca: MUI: Resesi Ekonomi Bisa Jadi Peluang

    Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut optimistis perekonomian Indonesia dan dunia positif pada tahun depan. Hal ini seiring dengan ketersediaan vaksin covid-19.

    "Perusahaan harus mempunyai strategi menang melawan covid-19. Saya optimistis melihat ekonomi Indonesia pada tahun depan," jelas dia.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id