Merger Tokopedia Gojek Dinilai akan Berdampak Positif bagi Konsumen

    Eko Nordiansyah - 11 Januari 2021 18:01 WIB
    Merger Tokopedia Gojek Dinilai akan Berdampak Positif bagi Konsumen
    Ilustrasi. Foto: Dok.MI
    Jakarta: Rencana merger antara perusahaan penyedia layanan on-demand, Gojek Indonesia dengan marketplace Tokopedia dinilai akan berdampak positif. Bahkan apabila direalisasikan, maka dampaknya bisa positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan keuntungan konsumen.

    Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Aviliani mengatakan isu dominasi pasar yang mungkin menjadi perhatian Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) agar dinilai lebih bijak. Menurutnya isu asing versus tidak asing tidaklah relevan.

    "KPPU tak boleh dianggap ini dominasi pasar karena kita punya Undang-Undang (UU) Persaingan Usaha kan. Trennya ke depan ini pasti akan ada banyak perusahaan yang akan merger dan akuisisi," kata dia kepada wartawan, Senin, 11 Januari 2021.

    Aviliani menambahkan KPPU memang tidak bisa hanya lihat dari satu sisi saja sehingga perlu melihat perspektif lain bahwa persaingan ini sehat. Apalagi ia menilai, rencana merger dari kedua perusahaan ini merupakan hal yang wajar untuk ekosistem masing-masing.

    "Berkaitan dengan rencana merger Tokopedia dengan Gojek, ini sebagai praktik bisnis yang wajar karena ekosistem akan terjadi dengan sendirinya dengan win-win solution," ungkapnya.

    Tokopedia adalah platform jual beli barang dan menjadi salah satu e-commerce yang menguasai pasar. Sedangkan Gojek memiliki ekosistem layanan transportasi, makanan, dan lainnya. Terlebih Gojek juga menjadi salah satu pemilik bank dengan keunggulan digital yaitu Bank Jago.

    "Maka toko-toko yang berada dalam Tokopedia bisa dengan mudah mendapat pinjaman dari bank tersebut. Terbangunlah ekosistem digital. Sedangkan dengan bergabung jadi lebih cepat membangunnya," jelas dia.

    Sementara untuk perekonomian, merger kedua perusahaan ini akan berdampak positif terutama apabila Tokopedia memperluas pemasaran produk-produk dalam negeri. Artinya akan terjadi peningkatan ekspor, serta mengurangi impor barang konsumtif.

    "Maka diharapkan dengan kekuatan bertambah setelah merger Tokopedia dengan Gojek justru kekuatan ekspansi semakin tinggi. Sehingga bisa membawa barang dari Indonesia go internasional terutama untuk di regional Asia Tenggara," pungkasnya.
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id