comscore

Ajang G20, Babel Promosikan Pulau Bakau Tertua di Dunia

Antara - 07 Mei 2022 12:55 WIB
Ajang G20, Babel Promosikan Pulau Bakau Tertua di Dunia
Ilustrasi. Foto: dok MI/SUMARYANTO BRONTO.
Belitung: Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bakal memanfaatkan ajang Presidensi G20 untuk mempromosikan Pulau Bakau Tertua Dunia di Belitung pada September 2022.

"Kita akan memperkenalkan pohon-pohon bakau berusia 750 juta tahun pulau ini ke delegasi G20 nanti," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan berkunjung di Pulau Langer Belitung, Sabtu, 7 Mei 2022.
Ia mengatakan Pulau Langer di Desa Selat Nasik Kabupaten Belitung ini merupakan tempat tumbuhnya ekosistem bakau berusia 750 juta tahun yang disebut-sebut sebagai bakau tertua di dunia yang masih sangat alami.

Ia pun mengharapkan nantinya para delegasi akan berpartisipasi menanam bakau dan koral melalui CSR setelah mengikuti agenda utama pertemuan antarmenteri tingkat dunia.

"Kita masih mengupayakan akan ada menanam terumbu karang sebagai kegiatan untuk menambah aktivitas para delegasi, baik di bidang sosial kemasyarakatan, maupun dalam rangka pemberdayaan ekonomi kerakyatan," ujarnya.

Penanaman bibit bakau akan dipatok harga Rp7.000 per batang yang dapat dibeli dari masyarakat sekitar. Kegiatan-kegiatan ini, tentunya akan melibatkan kolaborasi antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan juga Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

"Kita dengan seizin pemerintah pusat akan berkirim surat langsung kepada delegasi, agar para peserta mengikutsertakan keluarga saat berkunjung ke pulau ini," katanya.

Ia mengatakan nantinya dalam kegiatan G20 di Belitung banyak acara lain di luar kegiatan resmi, seperti pekan UMKM, mengunjungi showcase atau destinasi wisata dan pekan budaya, sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Kita ingin menjadikan G20 teramai dengan kegiatannya dan sangat banyak melibatkan masyarakat secara luas, untuk mendapatkan momen pemberdayaan masyarakat yang bekerja sama langsung dengan pemerintah, serta memelihara, dan melestarikan lingkungan," katanya.


(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id