comscore

MIND ID Pakai Aplikasi Digital Kelola Air Limbah Tambang

Antara - 05 April 2022 17:21 WIB
MIND ID Pakai Aplikasi Digital Kelola Air Limbah Tambang
Ilustrasi air limbah tambang - - Foto: MI/ panca Syurkani
Jakarta: BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID melakukan uji coba aplikasi digital untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan air limbah tambang yang dihasilkan dari aktivitas grup usaha perusahaan.

Direktur Pengembangan Usaha MIND ID Dilo Seno Widagdo mengatakan aplikasi bernama MasterMine yang sedang dikembangkan itu akan mempermudah kualitas air limbah tambang melalui perubahan dari manual menjadi digital.

"Transformasi digital sudah menjadi salah satu tema strategis utama MIND ID. Kami berupaya mengaplikasikan teknologi mutakhir dan penerapan digitalisasi pada seluruh lini rantai nilai untuk dapat menciptakan penghematan biaya dan keberlangsungan usaha," ujarnya dalam keterangan resminya, Selasa, 5 April 2022.

Dilo menjelaskan pengembangan aplikasi itu dilatarbelakangi oleh kebutuhan tata kelola limbah sebagai komitmen pelaksanaan praktik-praktik penambangan yang baik. Sebagai perusahaan pengelola sumber daya alam, operasi penambangan dan pengolahan mineral grup MIND ID menghasilkan produk samping yang memerlukan penanganan dengan tingkat prioritas tinggi.

Pengolahan limbah merupakan salah satu elemen biaya operasional penambangan yang cukup tinggi. Aplikasi MasterMine diharapkan akan menghasilkan nilai efisiensi 10 sampai 20 persen dari total biaya pengolahan air limbah tambang.

Filosofi dasar aplikasi itu adalah sistem terintegrasi secara kimia dan digital untuk dapat mengolah, memonitor, dan mengontrol sistem pengolahan air limbah tambang secara daring dan mudah digunakan.

Pekerja tambang dapat memantau kualitas air limbah tambang dan mengatur dosis reagen yang diinjeksikan ke dalam air limbah tambang secara real time.

Aplikasi MasterMine juga memiliki fitur peringatan dan pemberitahuan yang berfungsi untuk memberikan peringatan kepada pekerja ketika terjadi penurunan kualitas air limbah tambang, sehingga dapat langsung mengambil tindakan korektif dengan mengatur dosis reagen lebih lanjut.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id