comscore

Ini Skema Pembayaran Pasien Covid-19 di Masa Endemi

Annisa ayu artanti - 23 Mei 2022 12:19 WIB
Ini Skema Pembayaran Pasien Covid-19 di Masa Endemi
Ilustrasi pasien covid-19 - - Foto: Medcom/ Kuntoro Tayubi
Jakarta: BPJS Kesehatan akan menggunakan instrumen perhitungan pembayaran rumah sakit dengan sistem paket atau berdasarkan penyakit yang diderita pasien (INA-CBGs). Kebijakan ini diberlakukan setelah status pandemi resmi berubah menjadi endemi.

"Sementara masih berproses terkait tarif INA CBGs untuk kondisi endemi," kata Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma'ruf kepada Medcom.id, Senin, 23 Mei 2022.
Karena itu, BPJS Kesehatan masih menunggu pengumuman resmi terkait status endemi di Indonesia. "Kalau sudah ditetapkan menjadi endemi, tentu secara aturan menjadi tanggung jawab BPJS Kesehatan," imbuhnya.

Adapun pemerintah akan mengubah skema pembiayaan pengobatan covid-19 jika sudah berubah menjadi endemi. Pemerintah tak lagi menanggung biaya pengobatan pasien melainkan dialihkan ke BPJS Kesehatan. Pengobatan covid-19 dengan BPJS Kesehatan pun dilakukan sesuai golongan keanggotaan.

"Kalau nanti sudah dinyatakan endemi otomatis menjadi penyakit infeksius biasa. Karena penyakit infeksius biasa, penanganannya juga biasa, termasuk pembiayaannya akan dialihkan yang selama ini disubsidi oleh pemerintah, nanti akan dialihkan ke BPJS," ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Mengenal INA CBGs

INA-CBGS merupakan kepanjangan dari Indonesia case base Groups atau standar tarif BPJS Kesehatan

Mengutip berbagai sumber, INA CBGS adalah sistem untuk menentukan tarif standar yang digunakan oleh rumah sakit sebagai referensi biaya klaim ke pemerintah.

Tarif INA-CBGs dalam program Jaminan kesehatan nasional (JKN) merujuk pada data costing (data biaya) rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit swasta serta data coding kasus penyakit.

Tarif INA-CBgs adalah tarif dengan sistem paket yang dibayarkan per episode pelayanan kesehatan, yaitu suatu rangkaian perawatan pasien sampai selesai. Besar kecilnya tarif tidak akan dipengaruhi oleh jumlah hari perawatan.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id