comscore

Ini Penyumbang Terbesar Kemiskinan di Indonesia

Eko Nordiansyah - 17 Januari 2022 16:58 WIB
Ini Penyumbang Terbesar Kemiskinan di Indonesia
Ilustrasi pemukiman kumuh di pinggiran kota - - Foto: dok MI
Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat penyumbang terbesar garis kemiskinan di Indonesia pada September 2021 adalah beras. Komoditas pangan tersebut berdampak pada tingkat kemiskinan di perkotaan maupun perdesaan.

Kepala BPS Margo Yuwono mengungkapkan beras memberikan sumbangan sebesar 19,69 persen di perkotaan pada September 2021. Sementara di pedesaan berdampak lebih tinggi atau mencapai 23,79 persen.

 



"Komoditas makanan memang penyumbang terbesar yakni 74,05 persen terhadap garis kemiskinan. Jadi supaya garis kemiskinan tidak cepat naik maka tugas pemerintah adalah bagaimana mengatur stabilitas harga," kata dia dalam video conference, Senin, 17 Januari 2022.

Adapun komoditas makanan lain yang juga menyumbang garis kemiskinan antara lain rokok kretek filter, telur ayam ras, daging ayam ras, mi instan, kopi bubuk dan kopi instan, serta kue basah yang beberapa mengalami kenaikan harga.

Sementara itu, komoditas bukan makanan yang menyumbang garis kemiskinan adalah perumahan, bensin, listrik, pendidikan, perlengkapan mandi, sabun cuci, dan perawatan kulit muka kuku rambut. Sumbangan golongan ini tercatat 25,95 persen.

Garis Kemiskinan pada September 2021 tercatat sebesar Rp486.168 per kapita per bulan dengan komposisi Garis Kemiskinan Makanan sebesar Rp360.007 atau 74,05 persen dan Garis Kemiskinan Bukan Makanan sebesar Rp126.161 atau 25,95 persen.

Pada September 2021, secara rata-rata rumah tangga miskin di Indonesia memiliki 4,50 orang anggota rumah tangga. Dengan demikian, besarnya Garis Kemiskinan per rumah tangga miskin secara rata-rata adalah sebesar Rp2.187.756 per rumah tangga miskin per bulan.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id