comscore

Wamendag Dorong Token Kripto Indonesia Tembus Pasar Dunia

Antara - 30 Juni 2022 17:33 WIB
Wamendag Dorong Token Kripto Indonesia Tembus Pasar Dunia
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga. Foto: Medcom.id.
Jakarta: Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyatakan pihaknya berupaya mendorong pelbagai token kripto asal Indonesia bisa menembus pasar dunia.

"Kalau orang Indonesia beli bitcoin, beli ethereum, itu biasa. Tapi kalau orang di Afrika, orang di Eropa, orang di Amerika beli token-token kita itu baru something, itu yang kita coba dorong, itu yang coba kita highlight," ujarnya, dikutip dari Antara, Kamis, 30 Juni 2022.
 
baca juga: Edukasi Jadi Kunci Dorong Investasi Kripto 

Menurut dia, aset kripto dapat dijadikan sebagai salah satu instrumen untuk menambah nilai ekspor Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), neraca perdagangan Indonesia per Desember 2021 mencetak surplus sebesar USD35,34 miliar atau mencapai rekor tinggi semenjak 15 tahun terakhir. Pada Mei 2022 juga mengalami surplus di atas USD19,79 miliar.

"Ini masih lying on produk-produk konvensional seperti Crude Palm Oil (CPO), bijih besi, dan nikel, belum ditambah nilai ekspor produk-produk digital," ungkap dia.

Jika menilik data per Desember 2020, lanjutnya, nilai transaksi kripto mencapai Rp64,9 triliun dan meningkat signifikan pada Desember 2021 sebesar Rp859,4 triliun.

Peningkatan akun yang teregistrasi dalam transaksi kripto pun mengalami kenaikan tinggi dari 2,2 juta pengguna pada 2020 hingga 14,4 juta pada Mei 2022, lebih banyak dari pengguna di bursa efek.

"Transaksi memang lebih banyak di bursa efek, tetapi saya yakin dengan potensi yang dimiliki mungkin bisa melebihi itu ke depannya," ucap Jerry.

Blackarrow Conferences adalah penyelenggara konferensi bisnis profesional tingkat tinggi yang ditargetkan untuk tingkat manajemen di sejumlah sektor industri.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id