comscore

Wapres Apresiasi Upaya BI Dukung Pengembangan UMKM

Antara - 27 Mei 2022 13:25 WIB
Wapres Apresiasi Upaya BI Dukung Pengembangan UMKM
Wakil Presiden Maruf Amin. FOTO: dok Setwapres
Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengapresiasi upaya Bank Indonesia (BI) melaksanakan program pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui tiga pilar kebijakan. Ketiga pilar itu yaitu korporatisasi, peningkatan kapasitas, dan perluasan akses pembiayaan.

Wapres berharap sinergi dan kolaborasi Bank Indonesia dengan berbagai pihak dalam mengembangkan UMKM terjaga dan diperluas. Ke depan, dirinya meminta agar sinergi dan kolaborasi yang baik antara BI dengan kementerian/lembaga, asosiasi dan komunitas, dalam upaya pengembangan UMKM di Indonesia dapat terus terjaga.
"Bahkan menjangkau berbagai pihak lain," ujar Wapres, pada sambutannya secara daring pada pembukaan acara Karya Kreatif Indonesia 2022, dilansir dari Antara, Jumat, 27 Mei 2022.

Wapres mengatakan UMKM sebagai penggerak ekonomi perlu dorongan berkelanjutan untuk berkarya, termasuk dukungan meningkatkan peran perempuan dan kaum muda dalam pemulihan dan kebangkitan UMKM, sehingga UMKM dapat menjadi penopang generasi bangsa di masa depan.

"Dalam berbagai kesempatan saya sampaikan bahwa perluasan akses pasar dan akselerasi berbagai inovasi di bidang teknologi dan digital harus terus diperkuat, karena keduanya adalah tuas bagi UMKM agar naik kelas, tidak terkena penyakit stunting," jelasnya.

Selain itu, kata dia, dukungan esensial yang juga dibutuhkan UMKM adalah dukungan untuk merealisasikan UMKM bersertifikat halal sebagai jaminan, perlindungan bagi umat dalam mengonsumsi produk halal, sekaligus untuk kemudahan ekspor terutama ke negara-negara berpenduduk mayoritas muslim.

Ia berharap melalui penyelenggaraan acara Karya Kreatif Indonesia 2022, UMKM di seluruh Indonesia semakin termotivasi agar secara kontinu menghasilkan terobosan meningkatkan kualitas produk untuk memenuhi kebutuhan pasar sekaligus menyesuaikan dengan perkembangan selera konsumen yang berorientasi ekspor, serta memanfaatkan beragam platform digital.

"Agar berhasil menembus pasar internasional," pungkasnya.


(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id