comscore

Mantap! Luhut Sebut Pandemi Covid-19 Terkendali Selama Idulfitri

Annisa ayu artanti - 09 Mei 2022 18:41 WIB
Mantap! Luhut Sebut Pandemi Covid-19 Terkendali Selama Idulfitri
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. FOTO: Kemenko Kemaritiman dan Investasi
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan pandemi covid-19 terkendali selama Ramadan dan Idulfitri. Hal tersebut terlihat dari persentase rawat inap secara nasional terus turun hingga 97 persen serta kematian turun hingga 98 persen.

Selain itu, selama 25 hari terakhir kasus harian covid-19 berada di bawah 1.000 kasus. "Hingga hari ini kondisi dan situasi pandemi covid-19 dalam kondisi yang begitu baik," katanya, dalam sebuah konferensi pers, Senin, 9 Mei 2022.
Luhut memaparkan, persentase tingkat hunian tempat tidur rumah sakit juga sangat rendah hanya dua persen dari keseluruhan tempat tidur yang tersedia. Kematian yang disebabkan oleh varian Omicron juga turun 98 persen dan positivity rate berada di bawah 0,7 persen.

“Berdasarkan data-data tersebut kami meyakini bahwa kondisi varian Omicron di Indonesia di tengah momen libur Idulfitri hingga saat ini masih terkendali,” ujarnya.

Lebih lanjut, Luhut mengatakan, perkembangan untuk wilayah Jawa dan Bali juga terus menunjukan tren penurunan yang sangat signifikan dalam semua aspek seperti kasus konfirmasi, rawat inap rumah sakit, hingga tingkat kematian di hampir seluruh provinsi Jawa dan Bali.

Seluruh provinsi di Jawa Bali hingga hari ini mengalami penurunan kasus mencapai 99 persen dibandingkan dengan puncak kasus Omicron beberapa waktu yang lalu. “Seiring dengan semakin terkendalinya kasus covid-19, langkah-langkah relaksasi PPKM akan terus dilakukan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut,” ucapnya.

Luhut menambahkan, kondisi pandemi yang terus membaik ini juga terjadi berkat langkah-langkah pengendalian yang dilakukan secara efektif sehingga juga tetap menjaga kinerja perekonomian Indonesia hingga hari ini.

Pertumbuhan ekonomi

Seperti diketahui kinerja pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2022 tetap pada posisi yang kuat, tumbuh 5,01 persen, didukung oleh kinerja konsumsi rumah tangga, investasi, dan ekspor yang solid meski dihadapkan pada tekanan varian omicron. Menurutnya, angka ini relatif baik dibandingkan dengan negara-negara dunia.

“Langkah efektif yang diambil oleh pemerintah dalam penanganan pandemi juga memberikan dampak penurunan terhadap tingkat pengangguran yang semula berada di 6,26 persen pada periode Februari 2021 menurun hingga posisi 5,83 persen pada periode Februari 2022. Hal ini membawa dampak yang positif bagi pemulihan ekonomi di Indonesia,” pungkasnya.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id