PLN Pangkas Belanja Modal, Proyek Listrik Berpotensi Tertunda

    Suci Sedya Utami - 25 Juni 2020 22:42 WIB
    PLN Pangkas Belanja Modal, Proyek Listrik Berpotensi Tertunda
    Ilustrasi proyek PLN - - Foto: MI/ Mohammad Irfan
    Jakarta: PT PLN (Persero) melakukan pemangkasan terhadap belanja modal atau capital expenditure (capex) dari Rp100 triliun menjadi Rp53,39 triliun tahun ini. Hal tersebut diperkirakan akan menunda sejumlah proyek listrik.
     
    Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan perseroan tengah menyisir proyek-proyek yang bisa ditunda pengerjaannya. "Kami meninjau kembali rencana proyek-proyek ketenagalistrikan dengan menyesuaikan proyeksi pertumbuhan beban dan kondisi terkini," kata Zulkifli dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VI DPR RI, Kamis, 25 Juni 2020.

    Ia menjelaskan investasi pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan skala besar untuk pembangkit, transmisi maupun gardu induk akan dilakukan dengan skala prioritas. Proyek tersebut digarap menggunakan kebutuhan anggaran yang disesuaikan.

    "Proyek yang secara prioritas masih bisa ditunda pelaksanaannya, maka dilakukan penundaan tentunya dengan mitigasi yang baik sehingga tidak berdampak signifikan terhadap sistem kelistrikan," tutur Zulkifli.

    Saat ini perseroan fokus menyelamatkan operasional dan menjaga suplai listrik di seluruh Indonesia. PLN juga meminta perusahaan listrik swasta atau Independent Power Producer (IPP) menunda jadwal operasi (Commercial Operation Date/COD) pembangkit karena adanya skema take or pay (TOP) atau PLN harus mengambil listrik sesuai kontrak.

    "Yang belum ada pendanaannya untuk sementara akan kami tahan dulu. Fokus kami pada proyek yang mendukung keandalan listrik," ujar dia.

    Ia menambahkan permintaan listrik PLN tengah mengalami penurunan sehingga kebutuhan listrik dari IPP juga tidak sebanyak kontrak awal. PLN memandang target operasi lebih baik ditunda daripada perseroan harus membayar denda karena tidak menyerap listrik IPP.

    "Kami saat ini sedang berkoordinasi dengan mitra misalnya reschedule COD untuk proyek yang misalnya selesai di akhir tahun kami koordinasikan untuk memindahkannya ke waktu yang akan datang," pungkas dia.



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id