Daging Ayam Ras Jadi Penyumbang Utama Inflasi Juni 2020

    Eko Nordiansyah - 01 Juli 2020 12:35 WIB
    Daging Ayam Ras Jadi Penyumbang Utama Inflasi Juni 2020
    Ilustrasi ayam ras - - Foto: MI/ Bary Fathahilah
    Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut kenaikan harga daging ayam ras menjadi penyumbang utama inflasi pada Juni 2020. Kenaikan komoditas ini turut menyebabkan inflasi pada kelompok makanan minuman dan tembakau.

    Kepala BPS Suhariyanto mengatakan kelompok makanan minuman dan tembakau mengalami inflasi sebesar 0,47 persen. Kelompok ini memberi andil terhadap inflasi sebesar 0,12 persen atau tertinggi dari kelompok pengeluaran lainnya.

    "Terjadi kenaikan harga yang cukup tinggi, yang pertama terjadi kenaikan daging ayam ras itu memberi andil pada inflasi sebesar 0,14 persen," katanya dalam video conference di Jakarta, Rabu, 1 Juli 2020.


    Suhariyanto menambahkan kenaikan harga daging ayam ras terjadi di 86 kota IHK. Kenaikan tertinggi terjadi di Gunungsitoli, Nias, Sumatra Utara sebesar 41 persen dan Lhokseumawe Aceh sebesar 37 persen.

    "Komoditas lain yang cukup dominan berikan andil pada inflasi telur ayam ras, andilnya 0,04 persen. Sebaliknya, ada beberapa komoditas turun harga sehingga berikan andil deflasi," ungkapnya.

    "Penurunan harga bawang putih yang berikan andil pada deflasi 0,04 persen. Penurunan harga cabai merah andil deflasi 0,03 persen. Dan juga beberapa bumbu-bumbuan seperti cabai rawit, minyak goreng, gula pasir yang masing-masing memberikan andil deflasi 0,01 persen," lanjut dia.

    Pada Juni 2020, BPS mencatat inflasi sebesar 0,18 persen. inflasi secara tahun kalender sejak Januari-Juni 2020 tercatat sebesar 1,09 persen. Sementara itu, inflasi secara tahunan atau year on year (yoy) adalah 1,96 persen.  




    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id