Bukan Obat Covid-19, Stafsus Erick Jelaskan soal Izin dan Penggunaan Ivermectin

    Annisa ayu artanti - 23 Juni 2021 11:20 WIB
    Bukan Obat Covid-19, Stafsus Erick Jelaskan soal Izin dan Penggunaan Ivermectin
    Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga. Foto: Medcom.id



    Jakarta: Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga mengatakan ada kesalahan terkait informasi izin dan penggunaan obat Ivermectin yang beredar.

    "Ada kesalahan yang informasi ataupun yang disampaikan beberapa pihak mengenai Ivermectin," kata Arya kepada awak media yang dikutip Medcom.id, Rabu, 23 Juni 2021.

     



    Arya bilang, Menteri BUMN Erick Thohir tidak pernah berbicara mengenai perolehan izin edar obat produksi BUMN Farmasi, PT Indofarma Tbk (INAF) tersebut sebagai obat covid-19. Erick hanya mengatakan, BPOM telah mengeluarkan izin edar Ivermectin sebagai obat antiparasit.

    "Yang pasti Pak Erick itu tidak pernah berbicara bahwa Ivermectin itu sudah mendapatkan izin dari BPOM untuk obat korona. Justru beliau mengatakan bahwa BPOM memberikan izin edar untuk Ivermectin itu untuk antiparasit," jelasnya.

    Lebih lanjut, Arya menuturkan, Ivermectin digunakan sebagai obat terapi bagi orang yang terinfeksi covid-19, sama seperti Favipiravir, Azithromycin, Avigan, atau vitamin lainnya yang penggunaannya sesuai dengan rekomendasi dokter. Ia juga menegaskan, hingga hari ini belum ada obat covid-19.

    "Posisinya sama saja seperti Favipiravir, Azithromycin, atau Avigan atau vitamin lain. Sama. Itu semua terapi dan belum ada satupun BPOM mengatakan itu obat untuk korona, toh dipakai oleh pasien korona juga sebagai terapi," ujarnya.

    Oleh karena itu, Arya meminta agar tidak ada pihak-pihak yang salah kaprah soal pernyataan Erick terkait Ivermectin tersebut. Bahkan yang mengatakan Erick mengklaim Ivermectin sebagai obat covid-19.

    "Jadi kalau ada yang mengatakan bahwa Pak Erick menyatakan ivermectin obat korona itu jelas salah, jangan diplintir itu sangat salah, itu enggak boleh dipelintir," pungkasnya.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id