Pengusaha Ritel Minta Operasional Mal Tak Dibatasi seperti Pasar Tradisional

    Eko Nordiansyah - 22 Juli 2021 18:16 WIB
    Pengusaha Ritel Minta Operasional Mal Tak Dibatasi seperti Pasar Tradisional
    Ilustrasi pusat perbelanjaan. Foto: MI/Susanto



    Jakarta: Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) memprotes kebijakan pemerintah yang membatasi aktivitas di ritel modern dan mal selama pelaksanaan PPKM darurat. Padahal di saat yang sama, pasar tradisional bisa buka dengan bebas.

    "Kita tidak mempermasalahkan mereka buka tapi kita lihat tidak same playing field-nya," kata Ketua Aprindo Roy N Mandey dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis, 22 Juli 2021.

     



    Ia mengungkapkan, pasar tradisional memiliki banyak pintu masuk yang membuat pelaksanaan protokol kesehatan sulit diterapkan. Sementara di sisi lain, mal yang selama ini menjalankan protokol kesehatan secara ketat dilakukan pembatasan operasional.

    Untuk itu, Roy meminta pemerintah bisa segera membuka operasional toko-toko yang ada di mal maupun ritel modern. Ia menjamin penerapan protokol kesehatan di mal bisa lebih baik dibandingkan dengan yang diterapkan di pasar-pasar tradisional.

    "Kita yang jelas-jelas menjalankan prokes justru ditutup, yang jelas-jelas tidak ada prokes dibuka. Siapa yang bisa memastikan kepala yang masuk 50 persen ke pasar tradisional, enggak ada. Tapi kalau masuk mal dan ritel modern ada security, ada alat yang hitung," jelas dia.

    Ia pun memastikan seluruh pegawai di mal-mal ini sudah mendapatkan vaksinasi. Oleh karena itu, seharusnya operasional mal tidak dibatasi hanya untuk sektor-sektor yang berkaitan dengan kebutuhan pokok ataupun obat-obatan saja.

    "Kondisinya di dalam pasar itu pasti ada yang jual emas, jual sepatu, jual setrika, jual alat listrik tidak hanya kebutuhan pokok, sayur, daging, ikan, buah. Tapi di kita hanya sayur, daging, ikan, buah yang departement store malah enggak bisa karena ditutup. Ini level same playing field-nya di mana," pungkasnya.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id