Tak Ada PPKM pun Pasar Tradisional Mulai Ditinggalkan?

    Medcom - 26 Juli 2021 16:12 WIB
    Tak Ada PPKM pun Pasar Tradisional Mulai Ditinggalkan?
    Ilustrasi pasar tradisional. Foto: dok MI.



    Jakarta: Rutinitas berbelanja ke pasar, tak seperti dulu lagi. Keramaian yang biasanya terlihat di area pasar, kini tak seperti itu lagi. Selain karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masa pandemi, juga karena tren berbelanja di pasar konvensional mulai ditinggalkan.

    Penyebabnya adalah evolusi cara berbelanja dengan cara yang mudah dan waktunya fleksibel seperti di swalayan. Hal lain yang juga turut berpengaruh adalah sistem berbelanja secara online.

     



    Hal ini mulai dikeluhkan oleh beberapa pedagang di Pasar Jaya, Tomang Barat. Mereka menganggap tren orang berbelanja di pasar-pasar tradisional sudah menurun jauh.

    "Kalau kita sih sama saja. Tidak ada PPKM saja, sekarang pasar mulai tidak ada orang, mereka pada takut ke pasar. Kalau pendapatan sama saja, mau ditutup pukul 03.00 atau pukul 01.00 sama saja. Kita berharap normal seperti biasa saja seperti dulu, kita jualan biasa," jelas Ita, salah satu pedagang di pasar tersebut, Senin, 26 Juli 2021.

    Jika dilihat trennya, berbelanja secara online memang sudah mulai jadi prioritas orang-orang. Selain karena lebih mudah, juga bisa sembari mengerjakan hal lain.

    Mengutip Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKM) Kemenko Perekonomian Rudy Salahuddin, transaksi belanja online e-commerce masyarakat Indonesia mampu mencapai USD32 miliar dan diprediksi akan meningkat hingga USD124 miliar di 2025.

    Berdasarkan laporan 'Digital Buyer Penetration in Indonesia from 2017 to 2025', juga menjelaskan bahwa penetrasi e-commerce akan meningkat secara signifikan hingga mencapai 77 persen populasi masyarakat Indonesia di 2025. (Swari Tyasa)

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id