PLTMG Nii Tanasa Gerakkan Ekonomi Sultra

    Suci Sedya Utami - 13 November 2020 19:25 WIB
    PLTMG Nii Tanasa Gerakkan Ekonomi Sultra
    PLTMG Nii Tanasa - - Foto: dok PLN
    Kendari: Pembangkit Listrik Tenaga Mesin dan Gas (PLTMG) dengan kapasitas 50 megawatt (mw) di Desa Nii Tanasa, Kecamatan Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi penopang sistem kelistrikan di wilayah tersebut.

    Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan sejak dioperasikan penuh pada September 2017, pembangkit ini mampu memikul beban puncak, dan menjaga keandalan listrik khususnya.

    Pembangkit ini turut menopang interkoneksi sistem kelistrikan atau tol listrik di wilayah Sulawesi bagian Selatan (Sumbangsel) ke Sulawesi bagian Tenggara sejak September 20119.

    "Usai tol listrik Sulawesi Bagian Selatan terinterkoneksi, PLTMG Nii Tanasa kini berperan sebagai blackstart dan peaker bagi sistem kelistrikan sehingga menjadi lebih baik dan stabil," kata Darmawan dalam keterangan resmi, Jumat, 13 November 2020.

    Tol listrik Sulbagsel merupakan kesatuan sistem interkoneksi kelistrikan yang kini memasok listrik bagi empat provinsi yakni Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tengah.

    Ia menjabarkan sistem kelistrikan Sulbagsel memiliki daya mampu sebesar 2.269 MW dengan beban puncak sebesar 1.401 MW. Dengan keandalan ini, PLN telah menopang kegiatan ekonomi di daerah tersebut.

    Misalnya untuk memasok tiga perusahaan smelter di wilayah Sultra antara lain PT Ceria Nugraha Indotama dengan kapasitas 412 Mega Volt Ampere (MVA), PT Bintang Smelter dengan kapasitas 100 MVA dan PT Macika Mineral Industri dengan kapasitas 5 MVA.

    "Dengan cadangan daya sebesar 868 MW di sistem kelistrikan Sulbagsel, PLN semakin siap mendorong roda ekonomi dan sambut baik investasi setempat," jelas Darmawan.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id