29 Juta Penduduk Usia Kerja Terdampak Pandemi Covid-19

    Antara - 30 Januari 2021 18:04 WIB
    29 Juta Penduduk Usia Kerja Terdampak Pandemi Covid-19
    Ilustrasi penduduk usia kerja - - Foto: MI/ Bari Fathahillah



    Jakarta: Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyebut sekitar 29,12 juta orang penduduk usia kerja di Indonesia terdampak pandemi covid-19. Karena itu, pemerintah fokus memperbaiki kualitas sumber daya manusia (SDM).

    "Pembangunan SDM khususnya melalui pendidikan dan pelatihan vokasi untuk peningkatan kompetensi dinilai sangat tepat saat ini karena saat ini perlindungan terbaik bagi angkatan kerja baru dan para pekerja adalah perlindungan skill (kompetensi)," ujarnya di Medan, Sabtu, 30 Januari 2021.






    Menurutnya setiap pekerja harus punya skill dan tersertifikasi.  Skill itu bisa diperbaharui secara terus menerus sesuai perubahan karakter pekerjaan yang begitu cepat.

    Dengan adanya skill, setiap individu akan memiliki kemampuan bekerja secara terus menerus baik bekerja untuk orang lain maupun membuka lapangan kerja baru.

    "Dengan banyaknya SDM yang kompeten, penyerapan tenaga kerja dan produktivitas akan meningkat, yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian dan. kesejahteraan usai pandemi covid-19," terang dia.

    Menaker pun mengingatkan bahwa seluruh program yang disiapkan pemerintah tidak akan berjalan baik jika tidak berkolaborasi dan bersinergi dengan para pemangku kepentingan. Khususnya dari dunia usaha dan dunia Industri (DUDI).

    DUDI sebagai penyerap tenaga kerja memiliki peran besar dalam menentukan kompetensi yang dibutuhkan saat ini dan masa depan. Hal ini nantinya dapat menciptakan proses link and match antara pendidikan dan dunia kerja bisa tercipta.

    "Untuk itu penyesuaian harus terus dilakukan agar lulusan pelatihan vokasi yang dilakukan akan selalu relevan dan terserap oleh perkembangan terkini di DUDI," pungkas dia.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id