Kementan Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik dari Kemenpan RB

    Gervin Nathaniel Purba - 25 November 2020 21:56 WIB
    Kementan Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik dari Kemenpan RB
    Kementerian Pertanian (Kementan) meraih penghargaan Pelayanan Publik terbaik untuk inovasi Indonesia Quarantine Full Automation System (Foto:Dok.Kementan)
    Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) meraih penghargaan Pelayanan Publik terbaik untuk inovasi Indonesia Quarantine Full Automation System (IQFAST). 

    Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) pada penganugrahan Top Inovasi Pelayanan Publik 2020 yang digelar di Jakarta, Rabu, 25 November 2020.

    Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyampaikan terima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap proses pembangunan pelayanan publik yang sedang dijalankan Kementan.

    "Penghargaan ini menunjukkan bahwa Kementan telah melakukan pelayanan maksimal di dalam memerankan fungsi dan tanggung jawabnya sebagai lembaga negara yang melayani publik," ujar Mentan Syahrul.

    Kementan terus membuka masukan dan akses perbaikan pelayanan dari seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Negara dan rakyat harus sama-sama menguatkan sinergi dalam proses pembangunan Indonesia ke depan.

    "Saya kira ada beberapa hal yang terakumulasi di situ. Pertama, kita harus semakin transparan untuk mengakomodir seluruh kepentingan pelayanan rakyat. Kemudian, kita harus membuka ruang partisipasi untuk membangun sinergi antara rakyat dan negara," katanya.

    Sebelumnya, Kementan juga dianugerahi penghargaan Kementerian Terbaik peringkat 1, dalam mengelola informasi dan komunikasi publik. Ketetapan ini diberikan Komisi Informasi Publik (KIP) setelah melalui serangkaian proses penelitian panjang, sekaligus monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik tahun 2020. Hasilnya, Kementan menduduki posisi pertama dengan nilai tinggi, 97,99.

    Sebagai informasi, pemberian penghargaan kepada Kementan merupakan bagian dari implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik pada Badan Publik.

    Predikat Badan Publik Informatif merupakan klaster tertinggi pada hasil monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik, diikuti 348 badan publik, yang terdiri dari kementerian, pemerintah provinsi, badan usaha milik negara, lembaga non-struktural, perguruan tinggi, lembaga pemerintah non-kementerian, dan partai politik.

    Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri menyampaikan terima kasih atas perhatian semua pihak terhadap kinerja Kementan. 

    "Dalam hal ini saya menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Semoga ke depan kami bisa bekerja lebih baik dan mampu mengomunikasikan semua program di Kementan dengan lebih cepat dan efektif," ujar Kuntoro.

    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id