Kepercayaan Investor ke Indonesia di Masa Pandemi Cukup Tinggi

    Eko Nordiansyah - 15 Oktober 2020 21:13 WIB
    Kepercayaan Investor ke Indonesia di Masa Pandemi Cukup Tinggi
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Kebijakan pemerintah dalam memulihkan perekonomian akibat pandemi covid-19 disambut positif oleh para investor dalam maupun luar negeri. Terbukti, kepercayaan investor kepada Indonesia masih dikategorikan cukup tinggi di masa pandemi ini.

    "Kita bisa melihat bahwa investor global cukup percaya terhadap Indonesia yang  bisa memulihkan perekonomian dengan prudent," kata Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Perumusan Kebijakan Fiskal dan Makro Ekonomi Masyita Crystallin dalam diskusi FMB9 'Investasi di Masa Pandemi' dilansir di Jakarta, Kamis, 15 Oktober 2020

    Investor menilai kebijakan perekonomian dan kesehatan yang diambil pemerintah sudah cukup tepat. Alhasil, pertumbuhan ekonomi Indonesia selama tahun ini tidak mengalami kontraksi yang dalam, dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia.

    "Kita bandingkan dengan negara tetangga sebagai contoh di kuartal II Malaysia mengalami kontraksi ekonomi tumbuh negatif 17 persen, Filipina tumbuh negatif 16,5 persen, dan India tumbuh negatif 23,9 persen, artinya lebih baik," tuturnya.

    Masyita mencontohkan, penerbitan obligasi retail (ORI) yang ditujukan bagi masyarakat mendapat sambutan cukup baik. Apalagi ORI memiliki keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan investasi di sektor lain, ditambah dengan risiko yang rendah karena dijamin pemerintah.

    "Kita berinvestasi tapi sambil juga membantu pemulihan ekonomi nasional karena pemerintah itu dalam melaksanakan APBN mempunyai tiga sumber daya untuk memenuhi pengeluaran pemerintah yakni pajak, cukai, dan ORI," ungkap dia.

    Sementara itu, Presiden Asosiasi Perencana Keuangan IARFC Aidil Akbar menilai obligasi ritel ini bisa menjadi pilihan untuk masyarakat yang ingin berinvestasi. Selain memberikan jaminan rasa lebih aman, investasi ORI memberi keuntungan secara finansial yang lebih tinggi dari program investasi lainnya.

    "Inilah momentum untuk masyarakat Indonesia selain berinvestasi mendapatkan keuntungan yang relatif cukup bagus dan aman, contohnya dari obligasi retail yang diterbitkan beberapa waktu lalu. Dalam jangka pendek Obligasi yang diterbitkan pemerintah dapat menjadi alternatif masyarakat untuk berinvestasi," katanya.

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id