APSI Tanggapi Petisi Penolakan Galon Sekali Pakai

    Eko Nordiansyah - 06 Februari 2021 11:56 WIB
    APSI Tanggapi Petisi Penolakan Galon Sekali Pakai
    Ilustrasi galon sekali pakai - - Foto: dok Le MInerale



    Jakarta: Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia (APSI) menanggapi petisi soal penolakan galon sekali pakai yang dianggap tidak ramah lingkungan. Bahkan petisi ini dianggap tidak benar.

    Ketua APSI Saut Marpaung mengatakan petisi tersebut hanya menghabiskan energi karena ditujukan untuk produk yang memiliki keekonomian dalam hal daur ulang. Padahal ada produk lain yang lebih tidak ramah lingkungan.






    "Secara keekonomian kalau kita bicara daur ulang itu memenuhi syarat. Sementara masih begitu banyak produk-produk lain yang tidak memenuhi syarat-syarat keekonomian tapi tidak digaungkan seperti ada petisi ini," katanya kepada Medcom.id di Jakarta, Sabtu, 6 Februari 2021.


    Ia menduga ada pihak yang dengan sengaja ingin menyudutkan salah satu merk produk AMDK Le Minerale tersebut. Terlebih galon plastik sekali pakai justru tergolong dalam jenis plastik Polyethylene Terephthalate (PET) dengan kode plastik daur ulang nomor 1.

    Saut menambahkan masih ada produk-produk lain yang justru menghasilkan sampah-sampah tidak laku. Sementara untuk produk galon sekali pakai memiliki harga yang bagus, terlebih secara bobot juga cukup baik mencapai 300 gram.

    "Artinya ini favorit sekali kalau kita bicara untuk syarat pengumpulan. Tapi ternyata kok aneh ya bisa ada sebuah produk yang nyata-nyata ramah daur ulang, eh dibuat petisi, jadi cukup aneh," ungkapnya.

    Melalui akun twitternya, APSI juga menjelaskan fakta petisi penolakan galon sekali pakai di masyarakat. Pemberitaan tersebut menggiring opini yamg tidak tepat mengenai fakta galon sekali pakai.

    "Kami Anggota APSI sebagai pengusaha yang turut menjaga lingkungan dengan cara mendaur ulang sampah plastik juga merasa dirugikan akibat berita yang faktanya dibelokkan," cuit akun APSI tersebut.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id