Realisasi Investasi Kuartal III Mayoritas di Luar Jawa

    Eko Nordiansyah - 23 Oktober 2020 13:04 WIB
    Realisasi Investasi Kuartal III Mayoritas di Luar Jawa
    Kepala BKPM Bahlil Lahadalia - - Foto: dok BKPM
    Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi di kuartal III-2020 lebih banyak terjadi di luar Pulau Jawa. Pasalnya, realisasi di luar Jawa mencapai 52,8 persen dari total investasi, sedangkan di Jawa hanya 47,2 persen.

    "Kita lihat penyebarannya antara Jawa dan luar Jawa, itu luar Jawa sebesar Rp110,4 triliun atau 52,8 persen, sementara di Jawa Rp98,6 triliun atau 47,2 persen," kata Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam video conference di Jakarta, Jumat, 23 Oktober 2020.

    Bahlil menambahkan pertumbuhan investasi di Jawa mengalami perlambatan 12 persen dibandingkan kuartal III tahun lalu. Sementara di luar Jawa, investasinya justru tumbuh 17,9 persen karena adanya ekspansi para investor untuk menanamkan modalnya.
     

    Lebih lanjut, Bahlil menyebut baik investor dalam maupun luar negeri tidak lagi berfokus pada investasi di Pulau Jawa saja. Terlebih selama pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla lima tahun lalu, pemerintah gencar membangun infrastruktur di luar Jawa.

    "Saya katakan bahwa pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintahan Jokowi-JK pada lima tahun kemarin sekarang sudah mulai ada dampaknya. Karena syarat mutlak investor mau masuk itu ketika infrastrukturnya bagus, logistiknya bagus, kemudian bahan bakunya ada," jelas dia.

    Pada kuartal III-2020, BKPM mencatat realisasi investasi pada kuartal III-2020 adalah Rp209 triliun. Realisasi investasi tumbuh 8,9 persen dibanding kuartal sebelumnya, serta naik 1,6 persen dibandingkan kuartal III tahun lalu.

    Jika dirinci, realisasi investasi terdiri dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp102,9 triliun atau 49,2 persen. Sementara Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp106,1 triliun atau 50,8 persen dari total investasi yang masuk.

    Secara kumulatif sejak Januari hingga September 2020, realisasi investasi tercatat sebesar Rp611,6 triliun atau 74,8 persen dari target Rp817,2 triliun, terdiri dari PMDN sebesar Rp309,9 triliun atau 50,7 persen dan PMA sebesar Rp301,7 triliun atau 49,3 persen.  

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id