Revisi UU Migas Tak Jadi Prolegnas Prioritas 2021

    Suci Sedya Utami - 02 Desember 2020 16:41 WIB
    Revisi UU Migas Tak Jadi Prolegnas Prioritas 2021
    Gedung DPR RI. Medcom.id/Githa Farahdina
    Jakarta: Komisi VII DPR RI menyatakan revisi UU Minyak dan Gas Bumi (Migas) tidak menjadi program legislasi nasional (prolegnas) prioritas yang harus dikebut pembahasannya di masa sidang 2021.

    Ketua Komisi VII Sugeng Suparwoto mengatakan legislator lebih mengutamakan pembahasan Rancangan Undang-Undang Energi Baru Terbarukan (RUU EBT) di tahun depan.

    "Masuk Prolegnas, tapi bukan Prolegnas Prioritas, yang prioritas RUU EBT," kata Sugeng kepada Medcom.id, Rabu, 2 Desember 2020.

    Sugeng mengatakan di masa pandemi covid-19 yang belum jelas sampai kapan berakhir, DPR memang membatasi penyelesaian pembahasan UU. Bila di tahun-tahun sebelumnya bisa lebih dari satu UU yang diselesaikan di setiap komisi, kini DPR membatasi minimalnya hanya satu UU. Hal ini lantaran pandemi membuat kegiatan DPR dalam melaksanakan rapat menjadi terbatas.

    "Karena covid-19 hanya satu UU yang dimintakan untuk dituntaskan di DPR ini dalam setiap tahun masa sidang," ucap Sugeng.

    Namun ia menegaskan apabila RUU EBT bisa dirampungkan tahun depan, maka Komisi VII akan langsung melanjutkan pembahasan revisi UU Migas. Pembahasan kedua UU ini dilakukan secara stimultan.

    Lebih lanjut Sugeng menambahkan, revisi UU Migas telah masuk dalam Prolegnas sejak 2015 dan telah diparipurnakan pada 2018. Namun karena pemerintah tidak kunjung menyerahkan pengajuan daftar inventarisasi masalah (DIM), maka DPR memandang beleid tersebut belum siap untuk dibahas.

    "Pemerintah sudah keluarkan Surpres (Surat Presiden), di situ tercantum kementerian yang dilibatkan dalam membahas UU migas. Hanya saja pemerintah tidak menyertakan DIM. Ya mohon maaf, artinya pemerintah belum siap," jelas politikus Partai NasDem ini. 

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id