Menperin: Realisasi Investasi Industri Agro Tembus Rp91,9 Triliun

    Ilham wibowo - 10 November 2020 11:49 WIB
    Menperin: Realisasi Investasi Industri Agro Tembus Rp91,9 Triliun
    Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. Foto: Dok. Kemenperin
    Jakarta: Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa prospek industri agro bakal terus mengalami peningkatan. Sektor ini bertahan dan tumbuh di tengah pandemi covid-19.

    Nilai realisasi investasi industri agro sepanjang Januari-September 2020 juga tercatat cukup tinggi. Angkanya bahkan mendominasi Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di industri pengolahan nonmigas.

    “Dari realisasi nilai investasi PMA dan PMDN di sektor industri pengolahan nonmigas yang mencapai Rp201,9 triliun pada Januari-September 2020, kontribusi industri agro sebesar Rp91,9 triliun. Ini salah satu bukti bahwa industri agro masih bergeliat di Tanah Air,” papar Agus melalui keterangan tertulis, Selasa, 10 November 2020.

    Menurut Agus, industri agro jadi kelompok manufaktur yang juga memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Sepanjang triwulan III-2020, sumbangsihnya signifikan terhadap PDB sektor pengolahan nonmigas yakni mencapai 52,94 persen.

    “Di tengah pertumbuhan industri nonmigas yang terkontraksi 4,20 persen, industri makanan dan minuman masih tumbuh positif sebesar 0,66 persen. Kami terus berupaya meningkatkan kinerjanya,” ungkapnya.

    Subsektor industri agro yang memberikan kontribusi besar pada PDB sektor pengolahan nonmigas pada triwulan III-2020, yakni industri makanan dan minuman dengan sumbangsih mencapai 39,51 persen. Kemudian diikuti industri pengolahan tembakau 4,8 persen, industri kertas dan barang dari kertas 4,22 persen, serta industri kayu, barang dari kayu, rotan dan furnitur 2,84 persen.

    Pada Januari-Agustus 2020, total nilai ekspor industri agro menembus USD29,27 miliar atau berkontribusi hingga 35,36 persen terhadap ekspor sektor manufaktur yang tercatat sebesar USD82,76 miliar.

    “Industri agro juga mempunyai peranan yang penting dalam kontribusi nilai ekspor sektor pengolahan nonmigas,” tutur Agus.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id