Cadangan Beras Bulog Kalsel Capai 8.256 Ton

    Antara - 08 April 2021 18:28 WIB
    Cadangan Beras Bulog Kalsel Capai 8.256 Ton
    Beras Bulog. Foto : MI.



    Banjarmasin: Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Kalimantan Selatan, hingga saat ini telah memiliki cadangan beras sebanyak 8.256 ton, cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga empat bulan ke depan.

    "Cadangan tersebut cukup untuk empat bulan ke depan atau hingga Ramadan dan Lebaran," kata Kepala Perum Bulog Divisi Regional Kalimantan Selatan, Imron Rosidi, dikutip dari Antara, Kamis, 8 April 2021.






    Dia menjelaskan kalau dulu masih ada bantuan sosial beras sejahtera (Bansos Rastra), kebutuhan beras rata-rata sekitar 2.500 ton. Tetapi kali ini, Bulog sudah tidak ada penugasan kewajiban layanan publik (PSO) seperti menyalurkan Bansos Rastra, kecuali kegiatan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) semacam operasi pasar.

    "Maka kita menyalurkan ke rumah pangan kita (RPK), pasar yang membutuhkan, sifatnya hanya menstabilkan harga beras di pasaran," ujarnya.

    Diakui, harga beras lokal di pasaran jauh lebih tinggi tetapi Alhamdulillah, dengan adanya beras KPSH, bisa berkontribusi meredam harga beras di pasaran.

    "Pusat memerintahkan operasi pasar akan dilakukan sampai Desember 2021. Tetapi melihat kondisi di pasar juga, apabila harga memang stabil ya mungkin agak lesu juga KPSH-nya. Namun apabila terjadi lonjakan harga beras di pasaran akan banyak orang yang mencari, dan kita hadir ke tengah masyarakat," tutur dia.

    Untuk membantu mempermudah pelayanan, Bulog Kalsel yang mewilayahi 13 kabupaten kota, memiliki satu cabang di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dan tiga pergudangan. Ada lima kabupaten yang di bawah koordinasi pimpinan Cabang Barabai, yakni Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Utara, Tabalong, dan Balangan.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id