Inovasi Teknologi Jadi Kunci UKM Selamat dari Pandemi

    Eko Nordiansyah - 06 November 2020 21:07 WIB
    Inovasi Teknologi Jadi Kunci UKM Selamat dari Pandemi
    Ilustrasi - - Foto: dok Cisco



    Jakarta: Pandemi covid-19 telah memberikan tekanan terhadap seluruh sektor kehidupan, termasuk Industri Kecil dan Menengah (IKM). Untuk itu, para pelaku usaha diharuskan melakukan inovasi agar dapat bertahan dan bersaing di masa adaptasi kebiasaan baru serta transformasi digital.

    "Keadaan saat ini memang berat, transformasi digital pun menjadi sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari, termasuk di dunia UKM. Para pelaku UKM pun perlu mempersiapkan solusi untuk akselerasi transformasi digital," tulis Cisco dalam keterangan resminya, Jumat, 6 November 2020.

     



    Menurut penyedia layanan teknologi ini, UKM tidak bisa bekerja sendirian demi mewujudkan digitalisasi. Perlu kolaborasi antar pihak, termasuk pemerintah dan penyedia layanan teknologi. Saat ini Cisco telah memiliki beberapa inisiatif, mulai dari pelatihan talenta digital, hingga di bidang teknologinya.

    Cisco membagikan tiga tips cara agar UKM bisa menemukan inovasi terbaru yang membawa hasil bisnis positif. Pertama, para pelaku UKM diminta menyediakan platform komunikasi virtual yang tepat agar para pekerjanya bisa berkomunikasi secara maksimal di masa depan.

    Melalui Cisco Webex misalnya, sebuah platform untuk melakukan rapat, koordinasi hingga kolaborasi secara virtual. Platform ini bisa digunakan hanya bermodal perangkat ponsel pintar, sehingga dapat mendukung kegiatan perusahaan besar hingga kecil seperti UKM dan perusahaan rintisan yang umumnya memiliki modal lebih terbatas.

    Kedua, pelaku UKM juga diharapkan menyiapkan jaringan keamanan siber yang kuat. Melalui Cisco, penyedia layanan teknologi ini memberikan sistem keamanan terbaik selama bisnis beroperasi. Salah satu fitur yang bisa digunakan adalah ketika meeting secara virtual.

    Cisco menggunakan metode Oauth, yang artinya bisnis bisa menggunakan Cisco tanpa harus mengorbankan privasi karyawannya. Selain itu, penerapan secure software development lifecycle (SDLC), soal bagaimana Cisco mengembangkan sebuah produk dengan sistem keamanan terbaik.

    Tidak kalah penting adalah Cisco juga memberikan produk keamanan dengan transparan. Pasalnya, Cisco memang memiliki pihak ketiga yang mampu mengecek produk keamanan Cisco. Hal tersebut diterapkan sebagai komitmen Cisco untuk bersikap transparan mengenai keamanan dan privasi dalam produk yang dibuatnya.

    Ketiga, yaitu pengelolaan data bisnis sebagai aset berharga bagi para pelaku UKM. Apalagi saat ini data sering disebut sebagai aset yang paling berharga, sehingga bukan lagi soal tanah ataupun rumah, sehingga pengelolaan data menjadi penting bagi UKM agar bisnisnya dapat terorganisir dan aman, serta mampu bertahan di era transformasi digital.

    Selanjutnya, salah satu tantangan yang dihadapi bisnis di masa kini adalah melayani karyawan yang bekerja di lingkungan kantor maupun bekerja jarak jauh. Penting bagi bisnis untuk memperoleh data langsung dari ruang-ruang kantor dan asetnya agar dapat mengelola kinerja dan pemeliharaan peralatan jaringan dengan lebih baik.

    "Pelaku UKM pun dapat mengelola data-datanya yang terpisah dan mengamankan nya sejak dari endpoint hingga menjadi insight. Para pelaku UKM bisa bekerja sama dengan mitra teknologi yang dapat memberikan solusi hemat untuk membangun infrastruktur digital yang lebih efisien," tutup keterangan tersebut.  


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id