BI: Keyakinan Konsumen di Desember 2020 Mendekati Zona Optimistis

    Husen Miftahudin - 11 Januari 2021 12:04 WIB
    BI: Keyakinan Konsumen di Desember 2020 Mendekati Zona Optimistis
    Ilustrasi kepercayaan konsumsi Indonesia. Foto : MI.
    Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyatakan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi menguat, mendekati zona optimistis. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Desember 2020 sebesar 96,5 meningkat dibandingkan 92,0 pada November 2020.

    "IKK Desember 2020 yang meningkat tersebut didorong oleh menguatnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini maupun membaiknya ekspektasi kondisi ekonomi ke depan," ungkap Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan tertulis yang dikutip dari laman resmi Bank Indonesia, Senin, 11 Januari 2021.

    Persepsi terhadap kondisi ekonomi saat ini membaik didukung oleh aspek ketersediaan lapangan kerja, penghasilan, dan ketepatan waktu pembelian barang tahan lama. Sementara ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan yang meningkat utamanya karena ketersediaan lapangan kerja.

    Persepsi konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja saat ini yang membaik terpantau pada responden dengan tingkat pendidikan SMA hingga Sarjana (S1). Dari sisi usia, kenaikan indeks terjadi pada mayoritas kelompok responden berusia 20-30 tahun.

    Keyakinan konsumen untuk melakukan pembelian barang tahan lama juga membaik. Menurut responden, keyakinan untuk membeli jenis barang elektronik dan perabot rumah tangga membaik dibandingkan bulan sebelumnya.

    "Kenaikan indeks terjadi pada sebagian besar kelompok pengeluaran. Menurut kategori usia, keyakinan untuk membeli barang tahan lama meningkat pada responden berusia 20-50 tahun."

    Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap adanya kenaikan penghasilan pada enam bulan yang akan datang terpantau masih cukup kuat meskipun tidak setinggi bulan sebelumnya. Indeks Ekspektasi Penghasilan Desember 2020 tercatat sebesar 130,2, lebih rendah dari 131,2 pada bulan sebelumnya.

    Pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp1 juta sampai Rp3 juta per bulan, indeks tercatat tidak sekuat bulan sebelumnya. Sementara ditinjau menurut kategori usia, ekspektasi terhadap penghasilan ke depan melemah pada kelompok usia 20-30 tahun, 41-50 tahun, dan di atas 60 tahun.

    Perkiraan konsumen terhadap ekspansi kegiatan usaha secara umum pada enam bulan ke depan juga lebih terbatas. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha sebesar 121,2, lebih rendah dari 122,8 pada bulan sebelumnya.

    Penurunan indeks terjadi pada sebagian besar kategori pengeluaran, terutama pada responden dengan pengeluaran di atas Rp5 juta per bulan. Sementara dari sisi usia, indeks juga menurun pada sebagian besar kelompok usia responden, terutama pada responden berusia di atas 60 tahun.

    "Adapun Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) meningkat menjadi sebesar 68,6 dari bulan sebelumnya yang sebesar 60,1, meski masih berada pada area pesimis (kurang dari 100). Secara kuartalan, IKK kuartal IV-2020 sebesar 89,2, meningkat dari 85,5 pada kuartal sebelumnya," tutup Erwin.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id