comscore

Energy Summit 2022: Upaya Bersama Mengurangi Emisi Karbon Menuju Transisi Energi

Eko Nordiansyah - 21 Mei 2022 13:20 WIB
Energy Summit 2022: Upaya Bersama Mengurangi Emisi Karbon Menuju Transisi Energi
Media Group Gelar Energy Summit 2022. Foto Medcom.id
Jakarta: Indonesia saat ini masuk dalam 20 negara paling terdampak perubahan iklim berupa cuaca ekstrem. Sebagian dari dampak perubahan iklim itu juga disebabkan oleh emisi karbon. Indonesia menghasilkan sebanyak 0,5 miliar metrik ton dari total emisi karbon global yang pada 2020 lalu mencapai 32,3 miliar metrik ton.

Sebagian dari emisi sebesar itu berasal dari sektor energi, yakni sebesar 587 juta ton CO2e. Kementerian ESDM memproyeksikan emisi karbon sektor energi masih akan naik menjadi 692 juta ton pada 2030 hingga mencapai 706 juta ton pada 2039, dan baru akan berkurang mendekati 2040 seiring selesainya kontrak pembangkit fosil.
Dengan implementasi strategi menuju net zero emission, emisi sektor energi bisa ditekan menjadi hanya 400 juta ton CO2e pada 2060. Jika tidak melakukan apapun, emisi sektor energi bisa mencapai dua miliar ton CO2e. Karena itu, perlu biaya dan kolaborasi semua pihak menuju titik nol emisi pada 2060.

Selain itu, sektor transportasi juga mendominasi konsumsi energi fosil, yakni 44 persen atau setara dengan 414 juta barel minyak. Oleh karena itu diperlukan kolaborasi bersama untuk menekan emisi karbon untuk menuju transisi energi.

Hal ini mendorong Media Group Network untuk menggelar Energy Summit 2022 yang mengangkat tema 'Kolaborasi Global Menuju Transisi Energi' pada 31 Mei 2022. Kegiatan ini akan mempertemukan berbagai stakeholder mulai dar pemerintah hingga pelaku usaha untuk membahas mengenai masalah energi nasional.

Acara ini rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan CEO Media Group News Mohammad Mirdal Akib. Acara Energy Summit 2022 yang akan digelar secara hybrid ini terbagi dalam tiga sesi diskusi.

Pada sesi pertama, diskusi akan membahas mengenai jalan hijau menuju titik nol emisi yang dihadiri Dirjen EBTKE Kemen ESDM Dadan Kusdiana, Dirjen Perindustrian ILMATE Taufik Bawazier, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua DPP Organda Ivan Kamadjaja, Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury, dan Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Mochammad Yana Aditya.

Lalu di sesi kedua, diskusi dengan tema merebut peluang pasar kredit karbon akan menghadirkan Dirjen KLHK Laksmi, Rektor ITB Reini Wirahadikusumah, Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana, Kepala BKF Kemenkeu Febrio Kacaribu, Pengusaha Peter Frans Gontha, serta Rektor ITS Mochamad Ashari.

Di sesi terakhir, pembahasan mengenai kolaborasi global menuju transisi energi akan menghadirkan pembicara Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Menteri Perdagangan M Lutfi, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, Sekjen Dewan Energi Nasional Djoko Siswanto, Direktur Eksekutif ISER Fabby Tumiwa, dan Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwanto.

(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id