comscore

Buruan Cek, 800 Ribu Peserta Masuk Kartu Prakerja Gelombang 18

Eko Nordiansyah - 24 Agustus 2021 18:08 WIB
Buruan Cek, 800 Ribu Peserta Masuk Kartu Prakerja Gelombang 18
Ilustrasi peserta yang lolos program kartu prakerja - - Foto: dok Medcom
Jakarta: Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja telah menetapkan sebanyak 800 ribu peserta diterima dalam pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 18. Mereka akan mendapatkan notifikasi berupa SMS ke nomor ponsel yang didaftarkan.
 
"Kami mulai mengirimkan SMS pemberitahuan kepada 800 ribu orang yang berhasil menjadi penerima Kartu Prakerja gelombang 18," kata Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu kepada wartawan, Selasa, 24 Agustus 2021.
 
Selain melalui SMS, para peserta yang diterima juga bisa melihat status mereka di dashboard akun prakerja masing-masing peserta. Selanjutnya mereka akan mendapatkan bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta lewat rekening virtual.
 
"Prosesnya akan memakan waktu. Karena itu para peserta yang lolos seleksi harap memeriksa dashboard secara berkala. Saldo pelatihan ini dapat digunakan untuk membeli pelatihan, bentuknya adalah 16 angka nomor Kartu Prakerja," ungkapnya.

Louisa menjelaskan, penggunaan nomor 16 digit ini sama seperti penggunaan kartu debit atau kartu kredit untuk berbelanja secara online. Artinya peserta tinggal memasukan angka ini saat proses pembayaran dari pelatihan yang diinginkan.
 
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebelumnya mengatakan ada 3,18 juta orang yang mendaftar di gelombang 18 ini. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2,38 juta orang dinyatakan layak sedangkan hanya 800 ribu yang diterima.
 
Menurut Airlangga, kartu prakerja memang menjadi salah satu program yang banyak diminati oleh masyarakat. Dengan animo yang besar ini, pemerintah menambah anggaran Kartu Prakerja tahun ini.
 
"Dari batch 1-18 itu yang berminat pendaftarnya 67,6 juta dan di semester I-2021 penerimannya 2.772.880 orang. Di semester II ini dimulai dengan batch 18 ini untuk 3,1 juta dan mendapat tambahan anggaran Rp1,2 triliun," terang dia.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id