Garuda Optimalkan Pertumbuhan Ekspor untuk Tunjang Kinerja Bisnis Kargo

    Suci Sedya Utami - 16 Juli 2021 12:52 WIB
    Garuda Optimalkan Pertumbuhan Ekspor untuk Tunjang Kinerja Bisnis Kargo
    Ilustrasi maskapai Garuda Indonesia - - Foto: dok AFP



    Jakarta: Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia memanfaatkan momentum pertumbuhan ekspor nasional melalui pangsa pasar angkutan logistik demi mendongkrak kinerja perseroan di tahun ini.

    Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan hal ini sejalan dengan proyeksi pertumbuhan ekspor nasional yang diperkirakan akan terus meningkat. Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekspor pada Juni sebesar 54,46 persen serta sepanjang semester I tercatat tumbuh 34,78 persen.

     



    "Sejalan dengan berbagai langkah upaya perbaikan kinerja usaha yang terus kami lakukan secara berkelanjutan, tren pertumbuhan sektor ekspor nasional menjadi momentum penting bagi upaya optimalisasi lini bisnis penunjang yang dijalankan perusahaan di tengah tekanan kinerja usaha imbas pandemi covid-19, terutama melalui  bisnis kargo dan charter," kata Irfan dalam keterangan resmi, Jumat, 16 Juli 2021.

    Sejalan dengan kinerja ekspor yang positif, Garuda berhasil mencatatkan pertumbuhan angkutan kargo yang semakin menjanjikan. Hingga Mei lalu, Garuda Indonesia Group membukukan pertumbuhan angkutan kargo hingga 35 persen dibandingkan periode yang sama pada 2020.

    Irfan menilai konsistensi tersebut sejalan dengan kinerja bisnis kargo Garuda pada akhir 2020 yang mencatatkan angkutan trafik kargo udara yang menyentuh level 99 persen dari performa angkutan kargo pada periode sebelum pandemi.

    Ia bilang, dengan tren pertumbuhan positif tersebut, Garuda Indonesia akan terus mengoptimalkan utilisasi armada bagi perluasan jaringan penerbangan kargo guna menunjang aktivitas direct call komoditas ekspor unggulan dan UMKM dari berbagai wilayah Indonesia, salah satunya melalui pengoperasian dua armada passenger freighter yang kini melayani sejumlah penerbangan kargo domestik maupun internasional.  


    "Tidak dapat dipungkiri, situasi pandemi mendorong terjadinya shifting behaviour pada tren bisnis industri penerbangan, kini lini bisnis kargo menjadi salah satu tumpuan utama pendapatan usaha Garuda Indonesia, di tengah penurunan trafik angkutan penumpang yang terjadi imbas kondisi pandemi yang berlangsung sejak tahun lalu," ujar dia.

    Di sisi lain Garuda juga memberikan upaya maksimal untuk menghadirkan layanan penerbangan yang aman, nyaman, dan sehat tentunya tidak terlepas dari esensi moda transportasi udara sebagai sektor krusial, terutama di masa PPKM Darurat yang tengah diberlakukan. Kehadiran transportasi udara berperan besar dalam menunjang pergerakan logistik maupun perjalanan masyarakat yang harus terbang karena memiliki kebutuhan prioritas di masa pandemi.

    Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kata Irfan, Garuda Indonesia akan terus mengedepankan penerapan protokol kesehatan sesuai dengan regulasi dan ketentuan yang berlaku, yang turut didukung dengan pengetatan persyaratan penerbangan oleh otoritas terkait guna menghadirkan perlindungan multiproteksi bagi masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan dengan moda transportasi udara.

    "Pandemi mengajarkan pelaku sektor industri penerbangan tentang makna penting upaya akseleratif dan resiliensi dalam menghasilkan evolusi bisnis yang berkesinambungan. Berbagai langkah strategis pemulihan kinerja terus kami jalankan hingga kini, antara lain melalui konsolidasi operasi guna mendorong efisiensi serta menunjang business continuity Perusahaan di tengah kondisi makro yang penuh tantangan dan pasar yang semakin kompetitif," tutur Irfan.

    Di samping itu, lanjut Irfan, perusahaan juga tengah merampungkan program restrukturisasi secara menyeluruh terhadap kinerja usaha, yang akan dilakukan secara bertahap dan terukur dengan mengedepankan komitmen keberlangsungan usaha.

    "Untuk itu, Garuda Indonesia optimistis dapat semakin agile dan adaptif dalam menjawab tantangan industri penerbangan ke depannya," jelas dia.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id